BAGIKAN

Komik Indonesia terus berkembang. Dalam ComicFest ID yang diselenggarakan di Smesco Hall Jakarta pada 28-29 Mei 2016, berbagai komik Indonesia hadir dan berpartisipasi.

KAORI berbicara dengan Andik Prayogo, salah satu pengasuh re:ON Comics dan Caravan serta berdiskusi mengenai visi komik Indonesia ke depannya.

KAORI (K): Selamat atas kesuksesan ComicFest ID hari ini. Caravan Studio termasuk salah satu perusahaan komik Indonesia yang cukup sukses di kancah internasional. Boleh diceritakan seperti apa kegiatan Caravan saat ini?

Advertisement Inline

Andik (A): Terima kasih, saat ini Caravan bergerak memproduksi banyak hal selain komik seperti ilustrasi, desain toyscomic art dan lainnya. Chris Lie paling berperan karena dia membuat banyak ilustrasi untuk game, permainan kartu, dan storyboard film.

K: Menarik sekali, kalau bagi anak muda yang ingin magang di Caravan, bagaimana persyaratannya?

A: Cukup ketat, perlu portofolio karya-karya sebelumnya. Biasanya hanya satu-dua orang yang diterima, dan mereka harus siap untuk terjun ke dunia industri.

K: Bagaimana kiprah Caravan di Indonesia?

A: Sejauh ini masih belum terlalu dikenal, namun di luar negeri sudah sangat dikenal, khususnya sosok Chris Lie sendiri. Dengan ComicFest ini kami berharap bisa mengenalkan Caravan di masyarakat Indonesia.

K: Mengenai ComicFest sendiri, apa tujuan/target yang hendak dicapai?

A: Saya berharap adanya eksistensi yang bisa dilihat oleh pengunjung ComicFest selain re:ON Comics.

K: Bagi komikus dan ilustrator yang hendak meniti karir, apakah ada pesan dan harapan?

A: Tentunya bila sudah terkenal suatu saat nanti, jangan mudah tinggi hati, jangan sombong, dan biasakan bila mendapatkan komisi (dari mengerjakan proyek), jangan kabur sebelum pekerjaan benar-benar selesai.

K: Mohon kesan dan pesan mengenai industri komik Indonesia.

A: Semoga para ilustrator dan komikus Indonesia bisa memperbesar karyanya di dunia internasional.

KAORI Newsline | oleh Dean A | diedit oleh Kevin W

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.