BAGIKAN

Perfectdark

Kepolisian Jepang mengumumkan bahwa mereka telah menangkap 27 orang di seluruh Jepang dengan tuduhan mengunggah berkas secara ilegal. Dari sejumlah pelaku yang berhasil diamankan, dua orang menggunakan Perfect Dark (PD), sementara tersangka lain menggunakan program Share.

Di antara para tersangka pengguna Perfect Dark adalah pengangguran berusia 35 tahun di Nagasaki yang ditangkapn karena mengunggah komik Kemeko Deluxe! dan pengangguran berusia 49 tahun di Okayama yang ditangkap karena mengunggah episode awal seri anime Tamako Market.

Advertisement Inline

Selain itu, empat tersangka lain yang ditangkap kedapatan mengunggah episode 32 seri Zettai Karen Children, film Detektif Conan: Full Score of Fear, episode pertama seri Nura, dan episode 25 seri Suzumiya Haruhi no Yuutsu.

Empat pelaku lain diduga mengunggah komik Gantz volume 10, komik Gantz chapter 357, komik Detektif Conan volume 73, dan komik Q.E.D volume 27. Adapun tersangka lain yang ditangkap kedapatan mengunggah AKB1/48 Idol to Guam de Aishitara, permainan PlayStation Portable, dan episode 1 seri Kamen Rider Qizard.

Hal ini membangkitkan kembali kontroversi akan penggunaan program berbagi berkas (file sharing) dan keamanannya. Perfect Dark diklaim lebih mampu menjamin kerahasiaan identitas penggunanya daripada program Share yang umum dipergunakan saat ini, yang bekerja mirip seperti BitTorrent. Sebelumnya, tiga orang ditangkap pada tahun 2010 karena mengunggah berkas melalui program Perfect Dark.

Revisi UU Hak Cipta Jepang yang diteken pada Juni 2012 memungkinkan pelaku, baik pengunduh maupun pengunggah berkas secara ilegal, ditangkap dan dikenai hukuman pidana penjara maksimal 10 tahun, subsider denda 10 miliar yen.

Namun ini tidak memberikan efek signifikan, di mana data terakhir tahun 2012 menunjukkan 28,5% remaja Jepang mengaku mengunduh berkas secara ilegal.

KAORI Newsline | sumber | data via litbang KAORI

5 KOMENTAR

  1. Sistem pembajakan konten jepang sekarang
    – Rekam siaran TV atau bajak konten original
    – transfer file rekaman ke luar negeri lewat jaringan peer2peer, atau client2client
    – distribusi dari negara yang belum pegang lisensi
    – profit.

  2. intinya situs Kaori Nusantara juga penyebar file illegal lahh trus gmna donk nanti kalau di tangkap..,
    jadi gak bisa ngeshare anime lagi donk ?????

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.