BAGIKAN
Interior kereta penumpang kelas 2 terbaru SRT | Foto : Pattanapong Hirunard (Bangkok Post)

Perusahaan operator kereta api (KA) nasional Thailand, State Railway of Thailand (SRT) mengumumkan kehadiran 39 unit kereta penumpang modern model terbaru dengan fasilitas yang terkesan cukup mewah. Kereta-kereta baru ini rencananya akan dioperasikan di jalur Bangkok – Chiang Mai mulai Agustus 2016 mendatang. Perusahaan ini memamerkan salah satu trainset yang terdiri dari beberapa unit kereta penumpang model terbaru tersebut di Stasiun Siracha yang terletak di provinsi Chon Buri, Thailand (14/7).

39 unit kereta tersebut adalah bagian kelompok pengiriman perdana dari total 115 unit kereta baru yang dipesan SRT dari China Railway Rollingstock Corporation (CRRC) dan China CNR Corporation, dua perusahaan industri pembuat KA di Cina. Deputi Kementerian Transportasi Thailand, Ormsin Chivapruck mengatakan bahwa kehadiran rangkaian KA penumpang model baru ini menjadi titik balik untuk menuju modernisasi pelayanan penumpang SRT.

c1_1035709_620x413
Rangkaian kereta penumpang baru SRT di stasiun Siracha | Foto : Pattanapong Hirunard (Bangkok Post)

Gubernur SRT, Wutchichart Kalyanamitra menyebutkan 39 unit kereta anyar ini tengah diperiksa menyeluruh dan diharapkan seluruh sisa 76 unit kereta yang masih dalam pembangunan di Cina akan selesai pada September tahun ini dan segera dikirim ke Thailand. Pengoperasian 115 unit kereta baru ini sendiri akan dialokasikan di 4 rute perjalanan dari Ibukota negara Thailand, Bangkok, menuju Chiang Mai, Hat Yai, Nong Khai dan Ubon Ratchathani yang dijalankan secara bertahap, serta diharapkan keseluruhan rute tersebut sudah beroperasi secara optimal pada September 2017 mendatang dengan 2 jadwal perjalanan setiap harinya.

Advertisement Inline

115 unit kereta yang dipesan SRT ini terdiri dari 9 unit kereta penumpang kelas 1 (Eksekutif) dengan fasilitas tempat tidur (sleeper), 12 unit kereta kelas 1 dengan tempat duduk yang bisa diubah menjadi tempat tidur bertingkat, 88 unit kereta kelas 2 (Bisnis) dengan tempat duduk yang memiliki tempat tidur diatasnya, dan 6 unit sisanya merupakan kereta makan dan pembangkit. Selain itu, terdapat juga kereta dengan fasilitas bagi penyandang disabilitas dan para lansia yang dilengkapi lift untuk menurunkan dan menaikkan penumpang pengguna kursi roda dari dan ke kereta

1876197
Tempat duduk dan tempat tidur di kereta kelas 1 bertempat duduk terbaru SRT | Foto : Pattanapong Hirunard (Bangkok Post)
1876333
Tempat duduk dan tempat tidur di kereta penumpang kelas 2 | Foto : Pattanapong Hirunard (Bangkok Post)

Berbagai fasilitas menarik dan “wah” lainnya turut disediakan bagi para penumpang kereta ini. Untuk para penumpang kelas 1, disediakan layar informasi dan hiburan interaktif di setiap tempat duduknya, beserta fasilitas sumber listrik untuk pengisian ulang baterai telpon selular atau komputer jinjing serta kemudahan memesan makanan/minuman atau layanan lainnya dari perangkat komunikasi yang tersedia di tempat duduknya masing-masing tanpa harus menunggu kru KA lewat ataupun pergi ke kereta makan.

1876321
Interior kereta makan terbaru SRT | Foto : Pattanapong Hirunard (Bangkok Post)
1876337
Lokasi toilet di kereta kelas 2 | Foto : Pattanapong Hirunard (Bangkok Post)

Pada seluruh unit kereta baru ini juga terdapat area khusus penumpang dengan kursi roda, toilet mewah dengan sistem vacuum seperti di pesawat terbang, kamera pengawas, alarm yang berfungsi sebagai penanda jika pintu terbuka, dan sekat pengaman antara kereta untuk keselamatan penumpang. Yang lebih menariknya lagi, SRT memberlakukan tarif yang sama dengan layanan KA rangkaian lama pada layanan KA rangkaian baru ini. Tertarik ke Thailand untuk mencobanya?

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.