Delegasi SRT saat mengunjungi PT INKA. | Foto: Instagram PT INKA.

Industri perkeretaapian sebagai salah satu industri strategis nasional terus berupaya agar bisa bersaing di kerasnya pasar internasional. PT Industri Kereta Api (INKA) sebagai perusahaan produsen Kereta Api (KA) nasional produknya pun semakin diterima di banyak negara. Thailand, melalui perusahaan KA milik pemerintahnya yakni, State Railway of Thailand (SRT) berminat membeli kereta kembali dari INKA.

Hal ini terbukti ketika pada Rabu (21/2) sejumlah delegasi dari SRT melakukan kunjungan kerja ke pabrik INKA di Madiun, Jawa Timur. Dalam kunjungan tersebut, delegasi dari SRT tampak melihat fasilitas dan produksi KA yang dilakukan oleh INKA. Selain melihat fasilitas, delegasi bersama INKA turut melakukan diskusi mengenai pengadaan kereta oleh SRT.

Baca juga: Mantap! Filipina Memesan Kereta Rel Diesel Elektrik Dari INKA.

Advertisement Inline

Sama seperti Indonesia, Thailand tengah serius menggarap sektor perkeretaapian. Bersama dengan Tiongkok, mereka tengah membangun jalur KA cepat sepanjang 250 km dari Bangkok menuju Nakhon Ratchasima. Selain itu, kini di Bangkok tengah dikembangkan stasiun Bang Sue yang akan menjadi stasiun sentral dan digadang-gadang akan menjadi hub transportasi KA terbesar di Asia Tenggara. Untuk mendukung rencana-rencana ambisius itu, selama ini Thailand banyak mengimpor kereta penumpang dan lokomotif dari Tiongkok.

INKA sendiri sudah dipercaya untuk memenuhi pengadaan rangkaian kereta dalam negeri. Sebelumnya INKA juga pernah memenuhi pesanan ekspor gerbong barang pengangkut batu ballast untuk Thailand pada tahun 1998. Selain itu, INKA juga turut mengekspor produknya ke Malaysia, Bangladesh, Australia dan Singapura.

Cempus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.