Meskipun kerap dianggap remeh banyak kalangan di dunia, kereta api (KA) berkecepatan tinggi Tiongkok kembali catatkan sejarah positif. Tak puas hanya sekedar menjadi negara yang menguasai teknologi kereta cepat secara mandiri, Tiongkok kini menorehkan prestasi dengan membuat rekor baru. China Railway Highspeed (CRH), perusahaan operator KA cepat Tiongkok menjalankan dua rangkaian KA cepat dengan skenario terjadinya persilangan melintas atau berpapasan di jalur ganda KA cepat dengan kecepatan maksimum yang diizinkan, sebesar 420 km/jam.

Pencatatan rekor ini terjadi pada Jum’at (15/7) lalu. Dua rangkaian KA cepat yang masing-masing diberi nama “Golden Phoenix” dan “Dolphin Blue” saling berpapasan dengan arah berlawanan di jalur ganda pada pukul 11:20 waktu setempat, dengan kecepatan 420 km/jam di wilayah Zhengzhou, di tengah Provinsi Henan dan Xuzhou, sebelah timur Provinsi Jiangsu.

Dengan persilangan pada kecepatan maksimum 420 km/jam, maka kecepatan relatif kedua rangkaian kereta tersebut mencapai 840 km/jam, setara dengan kecepatan operasi pesawat jet komersial. Selama ini, kereta cepat Tiongkok umumnya beroperasi dengan kecepatan maksimum hanya 300 km/jam. Dengan adanya pemecahan rekor ini, Tiongkok membuktikan pada dunia bahwa mereka mampu mandiri dan menguasai teknologi kunci perkeretaapian modern.

Saat ini Tiongkok menjadi negara dengan jalur kereta cepat terpanjang di dunia dengan total panjang hampir 12.000 km dan diperkirakan akan mencapai 18.000 km di tahun 2020. Pada 2014 saja, tercatat jumlah penumpang harian layanan KA cepat yang dioperasikan oleh CRH telah mencapai 2,4 juta penumpang per harinya.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.