Pada musim hujan, beberapa daerah di Indonesia dilanda bencana banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi. Salah satu daerah yang mengalami banjir adalah Kabupaten Sukoharjo. Akibatnya, banjir ini tak hanya menggenangi pemukiman penduduk, namun jalur kereta api (KA) dari Solo menuju Wonogiri ikut terkikis banjir dan membuat jalur tersebut tak bisa dilalui untuk sementara.

Jalur KA Menuju Wonogiri Terkikis Banjir
Kondisi jalur yang terkikis banjir. | Sumber: Instagram @Jalanreljembatan

Lokasi jalur yang terkikis banjir atau gogos tersebut berada di Kali Samin, Mojolaban, Sukoharjo yang berjarak 7 km dari Stasiun Purwosari. Jalur yang terdampak kikisan banjir tersebut mencapai 400 meter panjangnya. Akibat adanya bencana ini, jalur KA Solo Purwosari – Wonogiri yang biasa dilalui oleh KA Railbus Batara Kresna terpaksa berhenti beroperasi sementara.

Untuk penanganan dan perbaikan jalur, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta telah mengerahkan tim dan mempersiapkan rangkaian kereta pengangkut batu balas untuk segera menambahkan serta mengganti batu balas yang terkikis oleh banjir di jalur tersebut.

Advertisement Inline

Baca juga: Menikmati Railbus Batara Kresna KA Perintis Rasa Trem

Banjir yang menghantam Sukoharjo ini berasal dari luapan sungai Bengawan Solo yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa. Tak hanya di Sukoharjo, luapan sungai Bengawan Solo juga membuat Kabupaten Bojonegoro dilanda bencana banjir.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.