BAGIKAN
Penandatanganan kontrak antara Kemenhub dengan PT KAI | Sumber: Kemenhub151 (Facebook)

Kementrian Perhubungan baru-baru ini telah menandatangani kontrak terkait penyelenggaraan subsidi angkutan kereta api (KA) perintis untuk tahun anggaran 2016. Kerja sama ini dilakukan bersama dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). Penandatanganan kontrak dilakukan pada Rabu, 31 Agustus 2016.

Lintas Lubukalung – Kayutanam di Provinsi Sumatera Barat menjadi lintas yang akan dioperasikan KA perintis tersebut.

Kontrak angkutan KA Perintis lintas  Lubukalung–Kayutanam tersebut berlaku sejak 31 Agustus 2016 sampai dengan 31 Desember 2016 dengan nilai kotraknya sebesar ± Rp8,1 Milyar.

Advertisement Inline

Untuk rolling stock atau rangkaian yang digunakan yaitu railbus yang terdiri dari 3 kereta denga kapasitas 117 tempat duduk dalam 1 rangkaian KA. Frekuensi perjalanan railbus ini direncanakan beroperasi sebanyak 4 kali dalam sehari. Tarif yang harus dibayarkan penumpang sebesar Rp3.000.

Dirjen Perkeretaapian Prasetyo Buditjahjono mengatakan, penyelenggaraan angkutan KA Perintis ini merupakan wujud upaya Pemerintah melaksanakan tanggung jawab kepada masyarakat untuk menyediakan angkutan massal yang nyaman dan terjangkau. Harapannya pelayanan angkutan perintis ini tidak hanya berhenti sampai dengan 31 Desember 2016, tapi juga dapat dilaksanakan untuk tahun-tahun berikutnya

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.