BAGIKAN

Masa liburan akhir tahun akan segera tiba, perayaan Natal dan Tahun Baru akan menjadi dua hari yang akan sangat dinanti oleh masyarakat dunia dan tentunya Jepang. Akan ada banyak sekali orang yang akan bepergian di masa-masa ini, karena di momen ini mereka dapat bersenang-senang, entah itu bersama keluarga, atau bersama teman, bahkan pasangan. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh salah satu perusahaan operator kereta api (KA) di Jepang untuk mengadakan sebuah event spesial untuk mermeriahkan hari Natal.

Oigawa Railway, operator KA di Prefektur Shizuoka, Jepang memanfaatkan libur Natal ini untuk menggaet para wisatawan, baik domestik maupun asing dengan menghadirkan dua sosok lokomotif uap dari animasi terkenal “Thomas and Friends” yaitu Thomas dan James. Rencananya, Oigawa Railway akan kembali mengoperasikan dua lokomotif uap terkenal ini pada masa libur Natal tahun ini. Sebelumnya, event seperti ini telah diadakan sejak tahun 2014 lalu dan pada tahun 2015, event ini diadakan sekaligus untuk merayakan tahun ke 71 publikasi original dari animasi ini.

Baca Juga: Thomas & Friends” Rayakan Tahun ke-71 Penerbitannya di Jepang!

Lokomotif uap "Thomas" saat berdinas
Lokomotif uap “Thomas” saat berdinas
Advertisement Inline

Event ini pada awalnya merupakan gagasan dari sang pemegang lisensi “Thomas and Friends” yaitu Sony Creative Products (SCP). SCP ingin mengadakan sebuah event “Day Out with Thomas”, namun mereka membutuhkan lokomotif uap untuk mewujudkannya. Mereka akhnya disarankan untuk bekerja sama dengan Oigawa Railway, yang mana pada saat itu Oigawa Railway sendiri sedang mengalami defisit dari tahun 2011 hingga 2013 akibat gempa yang melanda Jepang pada tahun 2011 silam, dan sangat membutuhkan sebuah “pemicu” untuk menaikkan kembali jumlah wisatawan. Akhirnya, kedua belah pihak sepakat untuk menandatangani kontrak dan terwujudlah dua sosok lokomotif uap terkenal tersebut di dunia nyata.

Tahun ini, event tersebut akan diselenggarakan selama 6 hari yaitu pada tanggal 17, 18, 19, 23, 24, dan 25 Desember 2016. Nantinya, Thomas dan James akan beroperasi mengangkut penumpang dari Stasiun Shin Kanaya (新金谷) hingga Stasiun Senzu (千頭) di Jalur Utama Ōigawa (大井川本線 Ōigawa honsen).

Tarif tiket untuk sekali perjalanan bersama Thomas dan James ini akan dikenakan biaya sebesar ¥2720 (sekitar Rp320.000,00) untuk orang dewasa dan ¥1360 (sekitar Rp160.000,00) untuk anak-anak. Oigawa Railway juga menyediakan layanan bus khusus bernama Bertie dengan rute yang sama, namun berbeda tarif dengan layanan keretanya. Untuk menikmati perjalanan bersama Bertie, anda harus merogoh kocek lebih dalam yaitu sebesar ¥6900 (sekitar Rp815.000,00) untuk dewasa dan ¥5500 (sekitar Rp650.000,00) untuk anak-anak.

Lokomotif Uap "Thomas" dan Bus "Bertie" | Sumber: Oigawa Railway
Lokomotif Uap “Thomas” dan Bus “Bertie” | Sumber: Oigawa Railway

Selain berwisata bersama Thomas dan James, pengunjung juga dapat mengikuti acara lain seperti The Thomas Fair yang berlokasi di Dipo Senzu, serta mengunjungi balai yasa milik Oigawa Railway. Dengan membayar sejumlah ¥500 (sekitar Rp60.000,00), pengunjung berkesempatan untuk masuk ke balai yasa tersebut serta mendapatkan badge spesial. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto bersama Thomas di turn table yang terdapat di Dipo Senzu.

Berlanjut ke Halaman Berikutnya: Sejarah Thomas dan James di Oigawa Railway

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.