Sejarah Thomas dan James di Oigawa Railway

Thomas dan James sendiri merupakan dua lokomotif uap asli Jepang pada zaman Japan National Railway (JNR) menguasai perkeretaapian Jepang yaitu tipe C11 (Thomas) dan tipe C56 (James). Keduanya mempunyai sejarah yang cukup menarik sebelum akhirnya ditransfer ke Oigawa Railway.

Thomas dan James bersanding dengan riasan khas natal di stasiun yang sama | Sumber: Oigawa Railway
Thomas dan James bersanding di stasiun yang sama | Sumber: Oigawa Railway

Thomas atau C11 227, dulunya berasal dari wilayah Hokkaido. Lokomotif uap ini tercatat 3 kali berpindah rumah sebelum pindah ke Oigawa Railway. Mengawali hidupnya di Dipo Naebo di Jalur Sassho pada tahun 1942-1969, lalu pindah ke Dipo Tomakomai di Jalur Utama Hidaka dari tahun 1969-1974, dan terakhir pindah ke Dipo Kushiro di Jalur Shibetsu dari tahun 1974-1975. Pada tahun 1975, C11 227 akhirnya pensiun dari JNR lalu ditransfer ke Oigawa Railway, namun baru pada tahun 1976 lokomotif ini melaksanakan debut atau perjalanan perdananya di Oigawa Railway sebagai layanan SL Kawaneji Express. Dan pada tahun 2014, lokomotif uap ini mendapat kesempatan untuk dimodifikasi sebagai Thomas dari animasi serial “Thomas and Friends”.

Wujud asli C11 227 sebelum dimodifikasi menjadi Thomas | Sumber: blog.cles.jp
Wujud asli C11 227 sebelum dimodifikasi menjadi Thomas | Sumber: blog.cles.jp

Lain lokomotif lain juga sejarahnya. James atau C56 44, mempunyai sejarah yang cukup istimewa, pasalnya lokomotif ini pernah merasakan  alam Asia Tenggara yaitu Thailand. Mengawali hidupnya bersama JNR di Dipo Sapporo pada tahun 1936-1941, lokomotif ini Go International bersama 9 lokomotif uap C56 lainnya menuju negeri Gajah Putih pada tahun 1942 dan melangsungkan hidupnya di sana hingga tahun 1970-an.

C56 44 sebelum menjadi James | Foto: Natori Noriyuki
C56 44 sebelum menjadi James | Foto: Natori Noriyuki

Setelah melanglang buana di Thailand, akhirnya C56 44 dipanggil kembali untuk “pulang kampung” oleh Oigawa Railway dan meninggalkan 9 temannya di Thailand pada tahun 1979 lalu melaksanakan debut kedua di tanah kelahirannya pada tahun 1980. Pada musim panas 2015 lalu, nasib baik datang kepada lokomotif tangguh ini dengan mendapatkan kesempatan modifikasi menjadi sosok James untuk menemani sosok Thomas di Oigawa Railway. Setelah melalui proses modifikasi, James akhirnya beroperasi kembali pada bulan Juli hingga Agustus dan pada event spesial pada Desember 2015. Tidak ketinggalan, James juga akan ikut memeriahkan event spesial pada masa libur Natal 2016.

Lokomotif Uap C56 44 "James" | Sumber: ayokoi (youtube)
Lokomotif Uap C56 44 “James” | Sumber: ayokoi (youtube)

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses