BAGIKAN
KRL AC Pertama Buatan INKA Ini Akhirnya Disemayamkan Di Cikaum

Setelah lama mangkrak, akhirnya KRL AC pertama buatan INKA atau biasa dikenal sebagai KRL Indonesia (KRL-I) Prajayana ditarik ke Cikaum untuk disemayamkan. KRL ini dikirim dari Balai Yasa Manggarai menuju Stasiun Cikaum pada Rabu (7/12). Rangkaian yang dikirim yakni sebanyak 2 set KRLI yang masing-masing terdiri dari 4 kereta atau merupakan keseluruhan rangkaian seri KRL-I Prajayana. Rangkaian KLB pengiriman tersebut terdiri dari 1 unit lokomotif CC 203 sebagai penariknya, 1 set KRLI, 1 unit gerbong B, 1 set KRLI dan berada dibelakang terdapat NR Bukit Duri.

Rangkaian KRL-I sendiri diproduksi mulai tahun 2001 oleh PT INKA, diresmikan penggunaannya mulai tahun 2003 untuk layanan KRL Ekspres Serpong dan Pakuan Ekspres Bogor. Namun mulai dari tahun 2007, KRL-I digunakan untuk melayani rute Ciliwung Loop Line dengan rute Manggarai –  Tanah Abang – Kampung Bandan – Jatinegara – Manggarai. Semenjak diberlakukannya pola operasi loop line pada 2011, rangkaian KRL-I ini digunakan untuk rute feeder Kampung Bandan – Jakarta Kota. Namun, karena kurang handal dan kerap mengalami gangguan operasional, KRL-I terpaksa pensiun dini.

KRL-I Prajayana saat berdinas sebagai KRL Ciliwung | Foto: Fasubkhanali
KRL-I Prajayana saat berdinas sebagai KRL Ciliwung | Foto: Fasubkhanali

Rangkaian KRL ini merupakan produk purwarupa INKA untuk KRL AC. Sistem propulsi dari KRL-I sendiri termasuk canggih, tercatat KRL ini sudah menggunakan teknologi Variable Voltage Variable Frequency–Insulated Gate Bipolar Transistor (VVVF-IGBT). Menggunakan teknologi hasil kawin silang antara produk Jepang dan Eropa, sistem dan part yang digunakan oleh KRL ini dipasok oleh Toshiba dan salah satu perusahaan BUMN yaitu PT LEN.

Advertisement Inline

Berikut ini video saat rangkaian KRL-I dikirim ke Cikaum:

Cemplus Newsline by KAORI | Teks oleh Amri Bintang dan video oleh Fasubkhanali

 

1 KOMENTAR

  1. KRL nya buat aku aja kan rumah aku luas tangah belakangnya besar jadi nanti bisa taro di tanah belakang rumah aku iiihhh klo aku punya uang banyak aku beli tuh KRL nya dan termasuk KRL Toei 6000 itu KRL favorit aku sewaktu berdinas menjadi KRL ekspres pengen deh PT.KAI mengoperasikan KRL ekspres lagi walaupun tidak memkai Toei 6000 bisa pakai JR 205 tapi di ganti livery nya jangan merah kuning jadi biru dan orange itu baru bagus untuk KRL Pakuan ekspres dan hanya berhenti di stasiun besar saja semoga di tahun 2019 PT.KAI mengoperasikan KRL Pakuan ekspres lagi seperti dulu lagi aku akan selalu menunggu PT.KAI untuk mengoperasikan lagi KRL Pakuan ekspres lagi dan aku menunggu KRL yang baru lagi ini pendapat aku untuk PT.KAI PT.KCI Commuter Indonesia
    Maaf klo kata aku ada yang salah diucapkan sekali lagi aku minta maaf sekian Terima kasih 😘💕🙏

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.