Comet-San/Princess Comet

© Toei, Nippon Animedia, TV Osaka
© Toei, Nippon Animedia, TV Osaka

Comet (berumur 12 tahun menurut umur manusia) adalah putri Negeri Bintang Harmonica yang akan bertemu dengan pangeran dari Negeri Bintang Tambourine pada pesta dansa untuk memilih istrinya. Tetapi sang pangeran tidak ada di sana dan Comet dikirim ke bumi untuk mencari sang pangeran. Dia akan dikenali dengan cahaya bintang di matanya. Comet menemukan Bumi dan dia mencintai orang-orang yang dia temui. Sementara itu, Putri Meteor dari Negeri Bintang Castanet juga datang ke bumi untuk mencari sang Pangeran. Pendamping Comet adalah anak anjing kecil dengan bintang di ujung ekornya bernama Rubba Ball. Comet bukanlah orang yang pertama kali yang mengunjungi bumi dan mencintainya, yang lain sebelum dia telah melakukannya dan menikahi orang bumi. Peliharaan dari orang sebelum Comet (kucing putih bertelinga kelinci dan hati kecil di ujung ekornya) melanjutkan hidupnya sebagai peri hutan. kekuatan Comet berasal dari bintang di rumahnya dan terhubung dengan tongkat sihir batonnya. Dia juga mengenakan kalung khusus dari Rubba ball yang bisa membantunya mencari dan menemukan sang pangeran.

Serial ini menarik untuk diikuti, walau saat saya masih kecil dan menontonnya di saluran TV lokal merasa menonton kartun seperti ini “nggak laki”. Hal yang menarik dari serial ini adalah bagaimana Comet membangun hubungan dengan karakter-karakter penduduk bumi. Di sana dia belajar banyak hal yang tidak ada di Negeri asalnya. Hal yang cukup berkesan dalam anime ini adalah ketika Comet menemukan sumber kekuatan baru selain dari bintang, dan perasaan Comet dengan Keisuke (yang sempat dikira sebagai pangeran Negeri Tambourin, karaena ada cahaya bintang di matanya) tumbuh secara perlahan. (Andira Indrawan/KAORI Shop)

Corrector Yui

corrector_yui_corrector_yui_using_a_barrier_final_element_suit3
© STUDIO TRON, NHK, NEP21

Dikisahkan pada tahun 2020 kemajuan teknologi sudah sangat pesat, komputer sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Meskipun demikian, seorang gadis bernama Yui Kasuga adalah anak yang tidak bisa menggunakan teknologi komputer sama sekali meskipun ayahnya merupakan seorang software developer. Suatu hari Yui tiba-tiba masuk ke dalam dunia digital bernama ComNet untuk direkrut menjadi seorang Corrector, program yang diciptakan untuk melawan software jahat bernama Grossers.

Sebenarnya saya tidak terlalu banyak menonton anime dengan trope mahou shoujo, bukan karena tidak suka, melainkan karena memang saya jarang saja menonton anime ini. Tapi suatu saat saya teringat anime mahou shoujo pertama yang saya tonton saat kecil dahulu di TV, yakni Corrector Yui. Satu hal yang cukup menarik dari anime ini adalah tema yang diangkat yakni pertemuan antara teknologi dengan mahou shoujo. Kalau saya tidak salah ingat para karakter dalam anime ini bahkan berubah dengan menggunakan istilah “download“. Ada pengalaman menarik juga saat saya menonton ini dulu sewaktu kecil di Indosiar, di mana saya selalu menonton ini diam-diam karena dulu saya berpikir “Saya kan cowo tapi kenapa suka nonton kartun yang karakternya cewe sih?” Sempat terjadi konflik dalam diri saya pada waktu itu. Anime Corrector Yui ini menjadi jalan pembuka yang mengenalkan betapa menariknya karakter wanita di mata saya sebagai khalayak pria yang mengonsumsi anime. Bahkan pada saat itu saya sudah jatuh hati dengan sosok Yui, bisa dikatakan bahwa ialah waifu pertama saya. (Rafly Nugroho/KAORI Newsline)

Fate/kaleid liner Prisma Illya

fate-kaleid-liner-prisma-ilya-2wei-herz-10
© Hiroshi Hiroyama, TYPE-MOON/Kadokawa/”Prisma Illya” Production Committee

Illyasviel von Einzbern adalah anak sekolah yang normal di Jepang. Dia tinggal dengan kakaknya Shirou Emiya dan dua pembantu, sementara orang tuanya terus-menerus pergi ke luar negeri. Dia memiliki mimpi aneh yaitu menggunakan sihir untuk membuat mimpi cintanya dengan Shirou menjadi kenyataan. Sementara itu, dua penyihir rival sengit, Rin Tohsaka dan Luviagelita Edelfelt, dikirim ke Jepang oleh Zelretch, master dari dunia pararel, dengan Kaleidosticks hidup yang kuat untuk mengumpulkan Kartu Kelas misterius dan membersihkan kekacauan mereka. Setelah mulai jenuh dengan pertikaian mereka terus-menerus, salah satu Kaleidostick, Magical Ruby, merasakan mimpi Illya akan sihir dan meninggalkan Rin untuknya, dan menipu dirinya untuk menjadi seorang gadis penyihir. Sekarang Illya dipaksa oleh Rin untuk menggantikan tugasnya mengumpulkan Kartu Kelas berbahaya. Tapi mungkin masih lebih berbahaya misteri Illya sendiri yang mungkin tidak sadar menarik Ruby padanya.

Saya menyukai seri ini karena seri ini merupakan salah satu dari seri Fate. Selain itu juga karena cerita yang masih berhubungan dengan seri Fate yang lain dan pertarungan sihir yang cukup banyak dan menarik. Alasan terakhir karena adanya karakter Illyasviel sendiri. (Hafizh Andifaisa/KAORI Newsline)

Futari wa Pretty Cure

© ABC, Toei Animation
© ABC, Toei Animation

Nagisa Misumi dan Honoka Yukishiro adalah murid SMP dengan kepribadian yang berbeda seperti air dan api: satu memiliki semangat yang membara, dan yang satu lagi lemah lembut. Tetapi pertemuan mereka dengan Mapple dan Mipple dari Garden of Light mengubah hidup mereka selamanya, karena mereka berdua terpilih untuk menjadi Pretty Cure. Menggabungkan kekuatan untuk melawan pasukan kegelapan, mereka harus bertarung demi melindungi Bumi.

Saya bukan penggemar berat mahou shoujo, meskipun memang saya pernah menonton beberapa seperti Minky Momo atau Tokyo Mew Mew. Tapi belum pernah ada yang seberkesan Futari wa Pretty Cure bagi diri ini. Dengan karakter yang menarik dan action yang seru, anime ini tidak hanya ditujukan bagi kalangan perempuan, tapi juga kalangan laki-laki. (Marwa Pranata/KAORI Newsline)

Bersambung ke halaman selanjutnya

3 KOMENTAR

  1. Futari Wa Pretty Cure dan Ojamajo Doremi, dulu aku harus sembunyi nonton nya. Yang lain cerita power ranger cuma aku yang nonton itu :’v

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.