BAGIKAN
Bocoran Gapeka 2017

Setelah muncul berbagai rumor dan sempat belum dibukanya pemesanan tiket online untuk perjalanan KA pada 2017, akhirnya Direktoran Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan selaku regulator perkeretaapian di tanah air mengeluarkan bocoran Gapeka 2017. Keputusan mengenai Gapeka 2017 diumumkan melalui cuitan di akun resmi Direktorat Jenderal Perkeretaapian, @perkeretapiaan.

Dalam cuitan tersebut diinformasikan beberapa perjalanan KA akan dihapus, diubah jadwalnya maupun dikurangi frekuensinya. Beberapa perjalanan Ka yang diubah jadwal dan lokasi pemberangkatan awal dan akhirnya ialah KA dari Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun. Jika sebelumnya KA Krakatau, Brantas dan Kahuripan beroperasi dari dan hingga Kediri, maka pada Gapeka 2017 tiga KA tersebut akan dipindah ke Blitar.

Advertisement Inline

Selain itu, beberapa KA akan mendapat nomor reguler, meningat beberapa KA tersebut diluncurkan saat sebelum Gapeka terbaru diresmikan dan masih berstatus Kereta Luar Biasa (KLB), diantaranya KA Ranggajati dan Ambarawa Ekspres.

Selain itu, dalam Gapeka 2017 jadwal KRL Jabodetabek juga tak luput dari perubahan. Yang paling terasa perubahannya ialah jadwal untuk KRL feeder. Dari jadwal yang terealisasikan pada Gapeka 2016 mencapai 85 perjalanan akan dipangkas hingga 42 perjalanan saja. Pengurangan frekuensi KRL feeder ini disebabkan akan beroperasinya KA Bandara Soekarno Hatta – Manggarai pada 2017, sehingga KRL feeder Manggarai – Duri akan dihapus perjalanannya. KA Bandara Soekarno Hatta sendiri akan dioperasikan oleh anak perusahaan PT KAI, yakni Railink dan jumlah perjalanannya mencapai 80 perjalanan per harinya. Pada Gapeka 2017 ini turut diakomodir pula jadwal pemberangkatan KRL yang sudah beroperasi hingga Rangkasbitung.

Tak hanya mengakomodir perjalanan KA Bandara Soekarno Hatta, dalam Gapeka 2017 ini turut diakomodir pula jadwal perjalanan KA Bandara Minangkabau di Divisi Regional (Divre) 2 Sumatera Barat. Jadwal untuk KA Bandara yang akan melayani rute Padang – Bandara Internasional Minangkabau sudah direncakan akan ada 10 perjalanan.

Dalam SK dengan nomor DirjenKA No.KA407/SK.332/DJKA/12/16 tersebut Gapeka 2017 akan mulai bergulir pada Sabtu (1/4/2017).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.