BAGIKAN
LRT Jakarta
Ilustrasi Desain Sarana LRT Jakarta buatan Hyundai Rotem | (Hyundai Rotem)

Setelah melalui proses panjang, akhirnya Hyundai Rotem, salah satu perusahaan negeri ginseng yang bergerak di bidang pembuatan rolling stock (sarana kereta) terpilih sebagai produsen untuk rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) milik pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Hyundai Rotem telah berhasil menyingkirkan 4 perusahaan lain yang diundang untuk lelang pengadaan sarana kereta LRT ini.

PT Jakarta Propertindo (JakPro) selaku kontraktor telah memilih anak usaha Hyundai Motor Group ini untuk memproduksi 8 rangkaian kereta yang menggunakan ban karet (rubber-tyred) dengan formasi 2 kereta per rangkaiannya. Rangkaian ini nantinya akan dioperasikan di jaringan LRT Jakarta fase pertama sepanjang 6 Km yang membentang antara Kelapa Gading hingga Gelanggang Olahraga Velodrome Rawamangun.

Contoh rangkaian kereta dengan ban karet buatan Mitsubishi, seri 2020

Menurut laporan Metro Report, Komponen-komponen yang akan digunakan oleh rangkaian kereta tersebut nantinya akan disediakan oleh perusahaan manufaktur Korea lainnya yaitu Woojin Industrial Systems. Selain 8 rangkaian ini, Hyundai Rotem nantinya juga dapat memproduksi kembali sebanyak 110 kereta untuk jaringan LRT Jabodebek fase berikutnya.

Hingga akhir Januari, perkembangan proyek LRT Jakarta ini sudah mencapai 3.5%. Proyek ini ditargetkan selesai sebelum Asian Games ke-18 yang akan dihelat pada Agustus 2018 mendatang.

Cemplus Newsline by KAORI | Ralat: versi sebelumnya mengatakan bahwa kereta buatan Hyundai Rotem ini akan digunakan untuk LRT Jabodebek, yang benar adalah untuk LRT Jakarta milik Pemprov DKI Jakarta. Kami mohon maaf atas kekeliruan ini.