SHARE
KRL Seri 6000 rangkaian 6108F di stasiun Rangkasbitung

reon

Dalam rangka persiapan pengoperasian kereta rel listrik (KRL) komuter sampai stasiun Rangkasbitung, Banten, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mengadakan uji coba perjalanan KRL ke stasiun tersebut pada Jumat (3/2). Pada uji coba kali ini, satu rangkaian KRL dioperasikan guna memeriksa pasokan daya listrik dan kesiapan sarana KRL berikut prasarananya untuk operasional layanan tersebut.

Seperti yang telah ramai diberitakan sebelumnya, KCJ akan mengoperasikan layanan KRL Commuter Line ke stasiun Rangkasbitung mulai Februari 2017. Segala fasilitas pendukung untuk operasional layanan KRL lintas Maja – Rangkasbitung, seperti gerbang tiket elektronik dan loket pembelian tiket untuk stasiun Citeras dan Rangkasbitung yang sebelumnya diperkirakan rampung pada Januari 2017, terlihat telah selesai dikerjakan oleh KCJ sesuai tenggat waktunya.

KRL dan KA Lokal di stasiun Rangkasbitung

Pada awal pengoperasiannya di bulan Februari 2017 ini, akan ada empat jadwal perjalanan KRL Commuter Line, dengan rincian dua perjalanan diberangkatkan dari stasiun Rangkasbitung, dan dua lainnya dari stasiun Angke. Selain itu, stasiun Angke juga akan kembali melayani pemberhentian KRL.

Rangkaian yang digunakan pada uji coba kali ini adalah KRL seri 6000 eks Tokyo Metro, rangkaian 6108F dengan formasi 10 kereta dan berteknologi Variable Voltage-Variable Frequency (VVVF). Penggunaan salah satu rangkaian KRL anyar KCJ ini sekaligus menjajal ketangguhan KRL berteknologi VVVF di lintas Tanah Abang – Maja – Rangkasbitung, mengingat KRL seri 6000 berteknologi VVVF belum pernah dioperasikan di lintas yang telah lama tidak dilalui KRL berteknologi tersebut. Ini juga menjadi tonggak sejarah karena rangkaian 6108F ini menjadi rangkaian KRL yang pertama melintasi jalur Maja – Rangkasbitung sepanjang sejarah.

KRL Seri 6000 rangkaian 6108F menjadi rangkaian KRL yang pertama melintasi jalur Maja – Rangkasbitung sepanjang sejarah

Selain itu, digunakannya KRL formasi 10 kereta dalam uji coba ini juga dimaksudkan sebagai simulasi keadaan operasional sesungguhnya, karena seluruh rangkaian KRL yang beroperasi di lintas barat Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta ini telah menggunakan formasi 10 kereta.

Setelah pelaksanaan uji coba ini, diharapkan layanan KRL di lintas elektrifikasi baru ini dapat segera dioperasikan dalam waktu dekat untuk melayani penumpang.

Baca Juga: Asyik, Mulai Februari 2017 KRL Commuter Sampai Rangkasbitung

Cemplus Newsline by KAORI