Ini Dia Anime Terbaik 2016 Versi Tokyo Anime Award Festival

0
© Yoshitoki Oima, Kodansha/Movie "A Silent Voice" Production Committee | © Hasetsu Town's people/Yuri!!! On ICE PROJECT

Yuri!!! On Ice kembali meraih penghargaan dalam ajang Tokyo Anime Award Festival 2017. Setelah sebelumnya dipilih oleh penggemar sebagai pemenang kategori Anime Fan Award, kali ini anime olah raga seluncur es itu menjadi salah satu pemenang Grand Prix Anime of the Year.

Dilansir situs resminya (via Crunchyroll), Yuri!!! On Ice memenangkan penghargaan Grand Prix untuk kategori  anime televisi. Sedangkan penghargaan Grand Prix untuk film anime dimenangkan oleh film Koe no Katachi.

Selain itu, Tokyo Anime Award juga memberikan Penghargaan Individu bagi beberapa staf anime. Penghargaan untuk kategori Sutradara Terbaik dimenangkan oleh sutradara film your name (Kimi no na wa) yang fenomenal, Makoto Shinkai. Sedangkan kategori Penulis Naskah terbaik dimenangkan oleh Reiko Yoshida yang merupakan penulis naskah untuk film Koe no Katachi.

Makoto Shinkai, sutradara dan creator dibalik your name.

Berikut adalah daftar lengkap pemenang penghargaan individu:

  • Sutradara: Makoto Shinkai
  • Penulis naskah: Reiko Yoshida
  • Animator: Tadashi Hiramatsu
  • Art/Color/Visual: Shunichiro Yoshihara
  • Sound/Performance: Hiroyuki Sawano

Pemenang Tokyo Anime Award Festival tahun ini dipilih dari anime-anime yang penayangannya berlangsung dalam tahun fiskal 2016 (18 Oktober 2015 hingga 15 Oktober 2016). Kecuali kategori Fan Award, pemenang dipilih oleh kalangan profesional di bidang anime, termasuk produser, kreator, hingga toko produk anime.

Baca Juga: Ulasan Yuri!!! On ICE: Anime Olahraga Tulus yang Bisa Dinikmati Siapa Saja

Yuri!!! on Ice menceritakan perjalanan skater profesional Yuri Katsuki. Setelah terpuruk di kontes Grand Prix pertamanya 5 tahun yang lalu, Yuri memutuskan untuk kembali ke Jepang setelah lulus dari bangku kuliah selama 5 tahun. Secara tidak sengaja rekaman dirinya yang mengimitasi rutin milik skater asal Rusia, Viktor Nikiforov, diunggah di internet dan menjadi viral. Viktor yang melihat rekaman tersebut datang ke Jepang dan memutuskan untuk menjadi pelatih Yuri. Anime ini diproduksi oleh studio Mappa dengan sutradara Sayo Yamamoto (Michiko and Hatchin, Lupin the Third: The Woman Called Fujiko Mine) dan penulis naskah Mitsuro Kubo (Moteki).

Ditulis oleh Yoshitoki Oima, komik Koe no Katachi bercerita tentang Shouko Nishimiya, murid pindahan yang di-bully di sekolah barunya karena telinganya yang tuli. Bullying yang dimulai dan dipimpin oleh Shoya Ishida tersebut, tiba-tiba berbalik ke Shoya sendiri akibat suatu insiden. Melihat Shoya yang di-bully sedemikian rupa, membuat Shouko jatuh iba, namun hal tersebut malah menyebabkan mereka berdua bertengkar. Tidak lama setelah pertengkaran tersebut, Shouko pindah ke sekolah lain tanpa mengatakan apapun. Beberapa tahun telah berlalu sejak mereka terpisah, dan keinginan Shoya untuk bertemu kembali dengan Shouko semakin bertambah kuat.

Pada awalnya Koe no Katachi diterbitkan di Bessatsu Shonen Magazine tahun 2011 dalam format one-shot. Setelah mendapat award dan penerimaan positif dari pembacanya, Oima mengubah Koe no Katachi  menjadi komik berseri yang diterbitkan di Weekly Shonen Magazine dari Agustus 2013 hingga November 2014. Film animasinya diadaptasi oleh Kyoto Animation dengan sutradara Naoko Yamada (K-On!, Tamako Market) dan penulis naskah Reiko Yoshida. Di Indonesia sendiri komik ini telah diterbitkan oleh penerbit m&c! dengan judul The Shape of Voice.

KAORI Newsline

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.