BAGIKAN

reon

The Academy of Motion Picture Arts and Sciences selaku pihak penyelenggara anugerah Academy Awards tahun 2018 mengumumkan 26 judul film animasi yang diajukan untuk masuk ke dalam nominasi kategori film animasi terbaik. Dari ke-25 film yang diajukan, terdapat lima judul film anime di dalam daftar tersebut.

Kelima judul film anime yang diajukan untuk ke dalam nominasi kategori film animasi terbaik untuk meraih piala Oscar adalah Sword Art Online The Movie: Ordinal ScaleIn This Corner of The WorldMary and The Witch’s Flower, A Silent Voicedan Napping Princess. Yang menarik, empat dari lima film anime yang diputar selama tahun 2017 tersebut telah hadir di bioskop Indonesia.

Berikut adalah daftar lengkap 26 film animasi yang diajukan untuk masuk ke dalam nominasi Academy Awards 2018.

“The Big Bad Fox & Other Tales”
“Birdboy: The Forgotten Children”
“The Boss Baby”
“The Breadwinner”
“Captain Underpants The First Epic Movie”
“Cars 3”
“Cinderella the Cat”
“Coco”
“Despicable Me 3”
“The Emoji Movie”
“Ethel & Ernest”
“Ferdinand”
“The Girl without Hands”
“In This Corner of the World”
“The Lego Batman Movie”
“The Lego Ninjago Movie”
“Loving Vincent”
“Mary and the Witch’s Flower”
“Moomins and the Winter Wonderland”
“My Entire High School Sinking into the Sea”
“Napping Princess”
“A Silent Voice”
“Smurfs: The Lost Village”
“The Star”
“Sword Art Online: The Movie – Ordinal Scale”
“Window Horses The Poetic Persian Epiphany of Rosie Ming”

Dilansir dari Variety, beberapa dari film yang diajukan masih belum diputar secara khusus di wilayah Los Angeles serta memenuhi persyaratan lainnya agar dapat lolos ke tahap penjurian. Hal tersebut harus dilakukan agar jumlah film yang dipilih untuk lolos ke tahap nominasi dapat meningkat. Agar juri dapat memilih lima film sebagai nominasi, paling sedikit sebanyak enam belas film harus memenuhi persyaratan awal.

Pada penghargaan Piala Oscar tahun 2017, sebanyak empat film anime diajukan untuk masuk ke nominasi penghargaan film animasi terbaik, yaitu your nameThe Red Turtle, Miss Hokusei, dan Final Fantasy XV: Kingslaive. Dari keempat film tersebut, hanya film The Red Turtle yang digarap oleh Studio Ghibli dan Wild Bunch (Perancis) yang berhasil lolos  ke dalam nominasi tersebut.

KAORI Newsline