Desain lokomotif Evolution Series milik Indian Railways
Desain lokomotif Evolution Series milik Indian Railways oleh GE

General Electric (GE) melalui anak perusahaannya, GE Transportation telah mengkonfirmasi desain eksterior untuk lokomotif diesel terbaru milik Indian Railways, operator kereta api (KA) nasional milik India pada Senin (13/3). Sebanyak 100 lokomotif bertenaga diesel dengan mesin “Evolution Series” milik GE ini akan dikirimkan dari pabrik GE Transportation untuk India pada batch awal.

Dilansir dari Railway Gazette, skema warna untuk exterior lokomotif ini menggunakan warna yang digunakan pada perayaan Festival Holi yang dilaksanakan tiap 13 Maret. Kombinasi warna merah dan kuning merefleksikan negara India yang kaya akan rempah-rempah. Untuk detilnya, warna merah sendiri mewakili energi dan kuning mewakili kesegaran pada lokomotif ini.

Pengadaan 100 lokomotif baru ini merupakan salah satu bagian dalam kesepakatan joint venture senilai 2.5 miliar USD selama 11 tahun yang disepakati oleh Menteri Perkeretaapian India dengan GE pada November 2015 lalu. Selain pengadaan lokomotif, kesepakatan ini juga mencakup investasi GE untuk membangun pabrik manufaktur lokomotif diesel di Marhowra, Bihar yang direncanakan akan membuat lebih dari 1000 lokomotif diesel serta pembangunan fasilitas perawatan lokomotif di Bhatinda, Punjab dan juga Gandhidham, Gujarat.

Advertisement Inline

Pabrik tersebut akan memproduksi lokomotif diesel elektrik untuk keperluan angkutan barang yang juga akan dilengkapi dengan mesin Evolution Series dari GE dengan kekuatan traksi sebesar 4500 tenaga kuda (HP) dan 6000 HP.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, 100 lokomotif batch awal ini nantinya akan diimpor atau dibuat dengan menggunakan peralatan yang diimpor, lalu sisanya harus dibuat di India serta diharuskan menggunakan komponen asli India.

Pengiriman batch awal ini dijadwalkan akan dilakukan pada Januari 2018 mendatang.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.