BAGIKAN
Lokomotif nomor 49002, salah satu lokomotif "Evolution Series" produksi GE untuk Indian Railways, saat dipamerkan di pusat produksi GE di Erie, Pennsylvania ( David Lustig / Railways Gazette )

Di tengah peningkatan jumlah arus barang dan penumpang yang menggunakan kereta api (KA) di India, Indian Railways selaku operator KA di India kini mulai memperbarui rolling stock perkeretaapian mereka dengan membeli sarana-sarana baru seperti lokomotif. Pada 9 November 2015, General Electric (GE) Transportation, perusahaan manufaktur sarana perkeretaapian yang berbasis di Erie, Pennsylvania, Amerika Serikat memenangkan tender pengadaan 1000 unit lokomotif baru dan pemeliharaannya dari perusahaan KA nasional India tersebut. Tender yang bernilai US$ 2.5 Miliar ini dicapai setelah negosiasi antara GE dan Kementerian Transportasi India selama satu bulan.

Lokomotif yang dipesan Indian Railways seluruhnya berkabin ganda layaknya lokomotif kelas CC206 di Indonesia. Bedanya, lokomotif pesanan India ini menggunakan lebar rel 1676 mm dan mesin GE Evolution Series (GEVO) tingkat satu. Dari 1000 lokomotif yang dipesan, Indian Railways memesan sebanyak 700 unit lokomotif dengan daya sebesar 4500 tenaga kuda (HP) dan sebanyak 300 unit lokomotif dengan daya 6000 HP.

Dilansir dari Railway Gazette, GE akhirnya memperlihat bentuk asli dari lokomotif pesanan Indian Railways secara perdana pada Kamis (1/6), setelah pada tanggal 14 Maret 2017 GE mengumumkan desain lokomotif yang akan diproduksi. Dari keseluruhan pesanan, 100 lokomotif pertama akan diproduksi langsung di pabrik GE yang terletak di Erie, Pennsylvania. Namun, untuk memenuhi pesanan yang besar dari Indian Railways serta persyaratan dari Kementerian Transportasi India mengenai batas penggunaan komponen lokal pada lokomotif tersebut, GE telah menginvestasikan US$ 200 Juta untuk membangun fasilitas perakitan lokomotif di Distrik Marhowra negara bagian Bihar sekaligus pembangunan pusat pemeliharaan lokomotif di distrik Bhatinda, Punjab dan di distrik Gandhidham, Gujarat. Setelah sejumlah fasiltas tersebut selesai dibangun, 900 unit lokomotif akan segera diproduksi massal di India dengan memanfaatkan komponen-komponen asli India dalam jangka waktu 10 tahun, dengan estimasi 2 lokomotif selesai diproduksi dalam waktu 1 minggu.

Desain lokomotif pesanan Indian Railways (David Lustig / Railway Gazette)
Desain lokomotif pesanan Indian Railways (David Lustig / Railway Gazette)
Advertisement Inline

Pesanan 1000 unit lokomotif oleh Indian Railways ini merupakan salah satu upaya India untuk meregenerasi sarana-sarana lokomotifnya yang telah berusia di atas 30 tahun. Selain itu, pesanan tersebut juga akan menjadikan India sebagai salah satu negara di Asia yang berperan aktif dalam industri perkeretaapian global. Dikutip dari situs resmi GE, pembuatan fasilitas perakitan lokomotif di India senilai US$ 200 Juta merupakan salah satu ‘Batu loncatan’ India untuk menjadi salah satu negara manufaktur penting di Asia.

Cemplus Newsline by KAORI Nusantara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.