BAGIKAN
Bus armada milik Perum PPD dan bus 'Maxi' Transjakarta milik Mayasari Bakti | Foto: Fasubkhanali

reon

Indonesia International Bus, Truck and Component (IIBT) diadakan kembali di tahun 2017. Pameran yang berisikan bus dan truk ini dimulai pada tanggal 29 Maret hingga 1 April 2017. Lokasi pameran ini bertempat di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Pameran yang berskala internasional ini diikuti oleh berbagai brand dan merk bus, truk dan alat berat terkenal. Selain itu, dipamerkan juga bus karya karoseri lokal.

Berbagai bus dengan karoseri lokal maupun vintage juga dipamerkan disini. Selain bus bermodel Semi High-Deck (SHD) yang kini sedang trend serta beberapa minibus karya karoseri lokal, terdapat juga bus untuk armada Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta dan bus penggai Metro Mini.

Bus BRT untuk armada Transjakarta yang bermerk Scania ikut dipamerkan di pameran ini. Bus Scania K310iB 6×2*4 ini sudah banyak beroperasi di Jakarta. Badan bus tersebut dibuat oleh karoseri Laksana dengan tipe CityLine2 dan merupakan bus Transjakarta yang dioperatori oleh Mayasari Bakti dan satu-satunya bus ‘Maxi’ dengan panjang 13,5 meter yang beroperasi di Jakarta. Bus ini dipamerkan di Hall D, JIExpo Kemayoran.

Bus Transjakarta edisi Vintage dengan desain terbaru | Foto: Fasubkhanali

Tak lupa juga, bus Transjakarta edisi vintage dengan desain terbaru juga ikut dipamerkan di pameran ini. Bus bermerk Mercedes-Benz OH 1626 ini memiliki bodi bus yang dibuat oleh karoseri Laksana dengan tipe CityLine2. Bus ini dipamerkan bersama dengan berbagai bus jadul yang pernah beroperasi di Indonesia. Lokasi bus ini berada di Hall B, JIExpo Kemayoran.

Selain bus ‘Maxi’ dan bus vintage, terdapat juga bus yang rencananya akan digunakan sebagai pengganti Metro Mini. Bus tersebut dipamerkan di booth karoseri New Armada bersama bus SHD dengan model Evolander. Bus pengganti Metro Mini ini menggunakan sasis Mitsubishi Canter FE 84G BC dibalut bodi buatan New Armada. Bus ini memiliki 2 pintu rendah di sebelah kiri dan 1 pintu BRT di sebelah kanan. Bus ini dipamerkan di Hall D, JIExpo Kemayoran.

Bus SHD tipe Evolander dan bus pengganti Metro Mini dengan karoseri New Armada | Foto: Fasubkhanali

Cemplus Newsline by KAORI