BAGIKAN
6124F | Foto: Adeliae

Kabar transfer rangkaian kereta rel listrik (KRL) dari Tokyo menuju Jakarta untuk pengadaan tahun ini kembali muncul. Setelah sebelumnya KRL seri 6000 eks-Tokyo Metro Jalur Chiyoda rangkaian 6119F dan 6132F sudah dikirimkan secara bersama-sama ke Jakarta melalui Pelabuhan Tokyo, kini giliran rangkaian 6124F yang akan menyusul untuk dikirimkan ke Jakarta.

Dari narasumber KAORI di Tokyo, unit-unit kereta rangkaian ini telah dikirim ke pelabuhan Tokyo melalui jalur darat dari Car Renewal (CR) Plant di dipo KRL Shin-Kiba. Pengiriman via jalur darat ini dilakukan dengan menaikkan kereta ke atas truk trailer ber-cometto. Rangkaian 6124F ini kemungkinan akan menunggu satu atau dua rangkaian KRL seri 6000 lainnya di pelabuhan untuk dikirimkan bersama-sama dalam satu kapal menuju Jakarta.

KRL seri 6000 Rangkaian 6124F dikirim ke pelabuhan Tokyo dengan trailer Cometto | Foto: Ryo Eby
Saat dikirim ke pelabuhan Tokyo dengan trailer Cometto | Foto: Ryo Eby

Sama seperti beberapa rangkaian KRL seri 6000 yang datang ke Jakarta mulai tahun 2016 lalu, rangkaian 6124F ini terdiri dari formasi 10 kereta per rangkaiannya, dan juga telah menggunakan sistem propulsi Variable Voltage Variable Frequency dengan teknologi Insulated Gate Bipolar Transistor (VVVF-IGBT).

Advertisement Inline

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) selaku operator KRL komuter wilayah Jabodetabek melakukan penambahan armada bukan baru secara terus-menerus, sebagai salah satu bentuk usaha untuk pemenuhan kebutuhan rangkaian KRL agar dapat menambah kapasitas angkut penumpang di area Jabodetabek yang terus bertambah tiap harinya.

Kebutuhan akan tambahan armada rangkaian KRL di Jakarta mulai terasa saat berlakunya Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2017 pada 1 April, terlihat dari selalu ramainya rangkaian KRL saat jam-jam senggang pada GAPEKA sebelumnya. Tidak hanya itu, berdasarkan pantauan KAORI, kini rangkaian KRL dengan formasi 8 kereta lebih sering terlihat di jalur Bogor yang merupakan jalur KRL terpadat, saat jam-jam ramai penumpang. Pada GAPEKA sebelumnya, jalur ini lebih banyak dilayani oleh rangkaian KRL dengan formasi 10 kereta dan 12 kereta.

Tetaplah bersama KAORI untuk memantau kabar terbaru dan eksklusif mengenai pengiriman KRL eks-Jepang untuk KCJ di tahun ini!

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.