Setelah mengoperasikan kereta kelas ekonomi buatan tahun 2016 atau yang dikenal dengan seri K3 0 16, kini PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap kembali meluncurkan rangkaian kereta ekonomi terbarunya buatan tahun 2017 yaitu seri K3 0 17. Desas-desusnya, kereta ekonomi buatan tahun 2017 ini merupakan kereta kelas ekonomi dengan fasilitas yang lebih ‘wah’ dibanding kereta ekonomi buatan tahun 2016. Sama seperti K3 0 16, rangkaian K3 0 17 ini merupakan buatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pembuatan sarana kereta api (KA) yaitu PT Industri Kereta Api (INKA) yang berbasis di Madiun, Jawa Timur.

Pada Jumat (12/5), KAI melaksanakan uji coba pada satu set K3 0 17 yang terdiri dari 10 kereta penumpang dan satu kereta restorasi kelas ekonomi di lintas Madiun – Cirebon. Hal ini dilakukan untuk menguji serta memastikan bahwa rangkaian kereta tersebut siap untuk dioperasikan dalam waktu dekat. Hasil pengujian tersebut nantinya akan dijadikan bahan evaluasi apakah K3 0 17 tersebut sudah menenuhi standard atau masih harus disempurnakan kembali.

Ditilik dari sisi desain, bagian eksterior dari K3 0 17 ini memiliki corak yang berbeda dari kereta-kereta yang dioperasikan sebelumnya. Dengan paduan garis merah dan kuning yang menghiasi bagian bawah badan kereta serta motif bunga pada bagian tengahnya membuat kereta ini berbeda dari pendahulunya. Tidak hanya itu, terdapat ukiran tulisan ‘Premium’ dekat dengan pintu yang menandakan bahwa K3 0 17 ini akan memiliki fasilitas yang lebih mewah dibanding kereta kelas ekonomi pada umumnya.

Tampak luar K3 0 17 'Premium' | Foto: Rachmawan Basuki
Tampak luar K3 0 17 ‘Premium’ | Foto: Rachmawan Basuki

Mengusung nama Premium, bagian interior dari K3 0 17 ini diklaim setara dengan kelas eksekutif seperti reclining seat alias kemiringan sandaran kursi yang dapat diatur, televisi, serta bagian dinding yang tampak mewah layaknya kereta kelas eksekutif. Selain itu, juga terdapat lampu baca yang tersedia di bagian bawah rak bagasi.

Advertisement Inline

Sama seperti K3 0 16, K3 0 17 ini menggunakan bogie tipe TB-1014 yang telah diperbarui untuk meningkatkan kenyamanan di dalam kereta. Tidak hanya itu, K3 0 17 ini juga memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 80 penumpang per keretanya dengan konfigurasi 2-2. Tempat duduknya sendiri disusun dengan model susunan 40 tempat duduk menghadap depan dan 40 tempat duduk lainnya menghadap belakang, dan akan berhadapan pada bagian tengah kereta. Untuk tempat duduknya sendiri masih menggunakan kursi dengan jok kulit serta handrest layaknya kereta ekonomi pada umumnya. K3 0 17 ini dapat dioperasikan hingga kecepatan maksimal 120 km/h.

Interior kereta ekonomi terbaru KAI | Foto: Rio Prabowo
Tuas Reclining Seat | Foto: Rio Prabowo

Menurut keterangan salah satu narasumber kepada tim Cemplus Newsline, K3 0 17 batch awal ini akan melaksanakan perjalanan perdananya pada masa lebaran mendatang. Untuk keputusan akhir dari penempatan rangkaian K3 0 17 selanjutnya akan dilakukakan setelah masa angkutan lebaran selesai. Rumornya, ada 2 motif skema warna yang akan digunakan untuk K3 0 17 ini yaitu motif bunga teratai dan motif rumah siger ala Sumatera di mana masing-masing motif skema warna nantinya akan menunjukkan alokasi kereta tersebut.

Dengan menyandang nama ‘Premium’, K3 0 17 ini tentunya diharapkan dapat memenuhi ekspektasi yang telah ditaruh oleh masyarakat akan fasilitas yang mumpuni untuk kereta kelas ekonomi serta pelayanan yang lebih prima dibanding kereta kelas ekonomi sebelumnya.

Cemplus News Line By KAORI | Aditya Eka Nugraha

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.