BAGIKAN

Vampire KnightApa anda takut dengan vampir? Mungkin anda harus berpikir ulang setelah menonton anime ini. Vampire Knight menyajikan cerita dengan dimensi lain mengenai dunia vampir, yang bagi banyak orang identik dengan darah dan bawang putih semata.

Sekilas Cerita

Di malam bersalju 10 tahun lalu, hidup Yuki nyaris berakhir di tangan vampir. Namun, Clan Kaname datang tepat waktu dan menolongnya. Dalam keadaan hilang ingatan, Yuki yang sebatang kara dibawa Clan ke rumah kenalannya, Cross Kaien, yang mengelola Cross Academy. Saat itulah memori Yuki dimulai. Dia mendapatkan marga Cross di depan namanya karena Kaien mengangkatnya sebagai anak.

Advertisement Inline

Kini, Yuki telah menjadi murid SMU di Cross Academy. Sekolah swasta elit ini berbeda dengan sekolah biasa. Sebab, muridnya nggak hanya manusia. Vampir pun belajar di sekolah berasrama ini. Manusia dikumpulkan dalam Day Class yang belajar di siang hari. Sedangkan para vampir yang tampan dan cantik menjadi anggota Night Class. Ini merupakan kebijakan yang diterapkan Kaien selaku kepala sekolah. Sejak lama, dia menginginkan manusia dan vampir bisa hidup berdampingan.

Percampuran manusia dan vampir di satu lokasi ini tentunya sangat riskan. Sebagai mangsa dan pemangsa, konflik antara penghuni dua dunia ini bisa tercetus kapan saja. Sedikit saja bau darah tercium, para anggota Night Class bisa langsung heboh. Dengan campur tangan Kaname yang mengetuai Night Class, keseimbangan kedua kelas tetap terjaga.

Keberadaan para vampir ini dirahasiakan dari para murid Day Class. Untuk menjaga rahasia itu tetap aman, dibentuklah Guardian. Anggotanya adalah Yuki dan Kiryu Zero.

Sama seperti Yuki, Zero adalah anak angkat Kaien. Keluarganya yang merupakan vampire hunter dibantai vampir empat tahun lalu. Zero-lah satu-satunya yang tersisa. Karenanya, Zero sangat membenci vampir yang disebutnya monster haus darah. Saat mengetahui takdirnya yang kelam, masih bisakah Zero berkata demikian?

Yang Membuat Mereka Berbeda

Para vampir dalam Vampire Knight memiliki konsep yang berbeda dengan vampir dalam kisah umumnya. Dalam Vampire Knight, vampir dapat memiliki keturunan hasil pernikahan dengan sesamanya maupun dengan manusia. Mereka pun bisa menua meskipun prosesnya jauh lebih lambat dibandingkan manusia biasa.

Bila umumnya vampir digambarkan benci matahari, vampir rekaan Hino beda. Kaname dkk masih bisa menatap cerahnya matahari. Mereka tidak akan menjadi debu hanya karena tersiram sinar matahari.

Perbedaan lainnya, vampir versi Vampire Knight nggak mempan diancam dengan bawang, salib, dan air suci. Hal yang mengancam nyawa mereka adalah sihir anti-vampir seperti ditampilkan dalam episode 6 dan peluru dari pistol Bloody Rose yang dibawa Zero. Saat terluka, tubuh mereka akan beregenerasi dengan cepat. Karena itu, vampir sulit dibunuh.

Vampir terdiri atas lima level berdasarkan tingkat kemurnian darah mereka. Level A seperti Clan Kaname adalah keturunan darah murni yang memiliki kekuatan luar biasa besar. Jumlah mereka sedikit. Umumnya, keturunan darah murni menikah dengan saudaranya untuk menjaga agar darah mereka nggak ternoda.

Level B adalah Noble yang memiliki kekuatan setingkat di bawah Level A. Vampir “rakyat jelata” tergabung dalam Level C, yang jumlah anggotanya paling besar. Sedangkan Level D merupakan kumpulan vampir yang dulunya manusia. Level terakhir adalah E. Golongan ini dikucilkan oleh kalangan vampir karena dianggap sebagai aib. Mereka nggak pernah bisa menerima insting mereka sebagai vampir dan haus darah. (ran/bs)

Karakter

Cross Yuki

Seiyuu: Horie Yui

Yuki menjadi putri angkat Cross Kaien saat berusia lima tahun. Karena ulah ibundanya, Juri, Yuki kehilangan ingatan. Seperti Kaien, cewek yang selalu positive thinking ini percaya manusia dan vampir bisa hidup bersama dengan damai. Dia menjadi anggota Guardian dengan senang hati. Tugas sebagai Guardian dijalankannya dengan baik. Sejak mengetahui bahwa Kaname adalah kakaknya, hubungan Yuki dengan Zero agak renggang.

Kiryu Zero

Seiyuu: Miyano Mamoru

Keturunan terakhir klan vampire hunter. Seluruh keluarganya dibantai vampir keturunan darah murni, Hiou Shizuka. Empat tahun lalu, dia diangkat anak oleh Kaien. Zero sangat membenci vampir dan ingin membasmi mereka. Dia sangat shock saat mengetahui bahwa dirinya telah menjadi vampir Level D. Zero sering bersikap kasar pada Yuki, namun sebenarnya sangat menyayangi saudara angkatnya itu. Agar nggak membahayakan murid lain, Kaien mengatur agar Zero hanya bisa meminum darah Yuki.

Clan Kaname

Seiyuu: Kishio Daisuke

Pemimpin Moon Dormitory inilah yang menyelamatkan Yuki 10 tahun lalu. Kini, dia belajar di Cross Academy. Sebagai vampir keturunan darah murni, Kaname sangat dihormati oleh anggota Night Class. Kaname memimpin kelas tersebut dibantu oleh Ichijou Takuma. Selain populer di kalangan Night Class, Kaname dipuja oleh murid-murid Day Class. Tapi, dia nggak peduli pada siapapun kecuali Yuki. Makanya, dia sangat terluka saat tahu Yuki harus memberikan darahnya untuk Zero.

Cross Kaien

Seiyuu: Gouda Hozumi

Ayah angkat Yuki dan Zero sekaligus kepala sekolah Cross Academy. Pembawaannya easy going dan suka bercanda. Kaien memiliki idealisme untuk mendamaikan perseteruan manusia dan vampir yang telah berlangsung ratusan tahun. Kaname adalah tangan kanannya dalam mempertahankan keseimbangan Day dan Night Class.

Dikutip dari review di Jawa Pos. Credits deserved for the original writer. | Dengan sedikit perubahan oleh Mohd Faris

1 KOMENTAR

  1. Vampire Knight bakalan menjadi Anime yang berkisah tentang Vampire setelah Rosario + Vampire Season 2 yang bakalan tayang bulan Oktober, patut ditunggu bakalan seperti apa kisah selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.