Si Juki, karakter komik yang ngakunya anti mainstream, padahal udah mainstream banget ini nampaknya tak lagi bisa mengklaim dirinya anti mainstream. Setelah komik-komiknya berhasil “menaklukkan” penjualan komik-komik asal Jepang yang sudah punya nama, kini film layar lebarnya yang dibuat dengan menggandeng Kumata Studio dan Falcon Pictures juga dilaporkan telah ditonton hingga 155.000 orang penonton, hanya 2 hari setelah dirilis sejak 28 Desember 2017 lalu.

Film yang diberi judul Si Juki the Movie: Panitia Hari Akhir memang dibuat tanpa tanggung-tanggung. Sejumlah seiyuu papan atas dan juga selebriti ternama turut direkrut untuk mengisi suara di film tersebut.

Advertisement Inline

Salah satunya adalah Bima Sakti, sosok seiyuu pemeran Giant dalam serial anime Doraemon. Bima Sakti memulai karirnya sebagai seorang seiyuu melalui PT Arvisco yang sangat legendaris pada dekade 1990an. Dirinya mulai menyuarakan Giant sejak tahun 2009. Memiliki keunikan di mana Seiyuu yang sangat menyukai perannya sebagai Kurita di anime Eye Shield 21 ini seringkali diidentikkan dengan peran berbadan besar seperti Giant, Choji, dan Kurita, sebagaimana dirinya sendiri. Dirinya juga sempat bermain dalam film Knight Kris yang sempat diputar di bioskop beberapa waktu yang lalu.

Bima Sakti (kanan) dan Santosa Amin (kiri) saat sesi pengisian suara film Si Juki

Dalam film Si Juki sendiri Bima Sakti didapuk untuk menyuarakan Coro, sosok kecoa sahabat karib Juki, yang juga telah diangkat menjadi komik, langsung oleh Juki sendiri.

Menanggapi perannya sebagai Coro dalam film Si Juki, Bima Sakti menuturkan bahwa dirinya cukup bangga bisa menyuarakan karakter tersebut, yang meski tidak pernah berbicara sepatah katapun, namun memiliki peran sangat penting dalam film tersebut.

Selain Coro sendiri, dirinya juga memerankan peran lainnya, yaitu Bowo, Sipir Penjara, Burung Basi, Bebek Juned, Produser, Astronot, Ajudan Presiden, dan Marsekal Udara. Banyaknya peran yang ia mainkan dalam film ini sekaligus sebagai pembuktian bahwa ia bisa memainkan berbagai tokoh dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Bima Sakti sendiri juga mengaku sangat senang telah dilibatkan oleh pihak Falcon Pictures untuk mengisi suara di film ini, sekaligus membantu sejumlah selebriti ternama mengenai bagaimana melakukan pengisian suara untuk Si Juki the Movie.

Ditanya apakah dirinya sudah mengenal Juki sebagai sesosok karakter komik, dirinya mengaku bahwa pada awalnya ia tidak mengenali sosok Juki. Namun saat dirinya ditawari untuk bermain di film Juki, ia menyadari bahwa sosok Juki adalah hasil karya seorang anak muda kekinian, gayanya slengean, tapi sebenarnya orangnya pendiam, Faza Meonk. Bima Saktipun merasakan kekaguman tersendiri terhadap sosok Faza Meonk yang bisa membuat karakter komik yang di luar dari kebiasaan karakter pribadinya sendiri, hingga menjadi viral di Indonesia karena Indonesia banget, yang bergaya slengean banget, norak, namun beruntung terus.

Bima Sakti bersama Faza Meonk

Ditanya mengenai bagaimana bertandem dengan sejumlah selebriti ternama, dirinya mengaku sangat senang, bahkan cukup bangga karena para seiyuu seperti dirinya bisa disandingkan dengan para selebriti. Baginya hal itu adalah sebuah prestasi tersendiri, di mana menjadi seiyuu bukanlah pekerjaan yang bisa diremehkan, bahkan sekaliber selebriti senior seperti Indro yang disebutkannya cukup mengalami kesulitan dalam mengisi suara, dan merasa hal tersebut lebih sulit ketimbang berakting. Karenanya ia juga mengapresiasi para selebriti yang mau belajar demi memainkan peran mereka masing-masing. Apalagi para seiyuu seperti dirinya dan Santosa Amin yang turut bermain di film Si Juki sudah lebih sering berpengalaman memainkan suara dibandingkan para selebriti.

Sebagaimana diketahui, dalam film ini memang cukup banyak selebriti ternama yang bermain mengisi suaranya seperti Bunga Citra Lestari, Indro Warkop, Nikita Mirzani, Agus Kuncoro, Tio Pakusadewo, Butet Kertaredjasa, Pandji Pragiwaksono, Arie Kriting, Babe Cabita, Tarzan, Jaja Miharja, Tyson Bule, Mongol Stress, Mudy Taylor, Ki Joko Bodo, Wizzy, Jeremi Teti dan Maya Wulan.

Sementara itu, para seiyuu yang bermain di film ini selain Bima Sakti sendiri, di antaranya adalah Santosa Amin, Denis Setiano, Arief Lintau Darwis, Lis Kurniasih, dan Mirna Haryati. Kenali lebih lanjut profil mereka melalui artikel berikut ini:

Ini Seiyuu Si Juki the Movie! Bima Sakti Main Jadi Coro!

Terakhir, Bima Sakti berharap supaya film-film Indonesia semakin dicintai di negara sendiri, apalagi banyak film-film Indonesia yang secara kualitas tidak kalah dengan film-film buatan luar negeri.

Si Juki the Movie: Panitia Hari Akhir telah diputar di bioskop-bioskop Indonesia sejak 28 Desember 2017. Intip ulasan KAORI atas film tersebut berikut ini:

Ulasan Film Si Juki The Movie: Kala Juki Telah Mainstream!

KAORI Newsline | Ditulis oleh Dody Kusumanto | Photo courtesy of Falcon Pictures,  Bima Sakti & Koleksi Pribadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.