BAGIKAN
bentuk kereta LRT Palembang

Semakin mendekati rampungnya proyek LRT Palembang, rangkaian keretanya pun semakin dekat dengan penyelesaian. Pada Selasa (13/3) foto bentuk kereta LRT Palembang beredar di sosial media. Foto tersebut diambil dalam kunjungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ke PT INKA dalam rangka persiapan alih teknologi untuk produksi sarana kereta LRT Jabodebek.

Dalam foto-foto tersebut nampak bentuk eksterior dan interior kereta yang dibuat oleh PT INKA. Nampak interior menggunakan kursi berwarna biru serta dilengkapi dengan rak bagasi barang. Berbeda dengan kereta MRT Jakarta atau KRL Commuter Line, kereta LRT Palembang akan ditenagai oleh listrik aliran bawah yang dialirkan lewat third rail.

Advertisement Inline

Dengan formasi 3 kereta dalam setiap rangkaiannya yang mampu mengangkut 350-550 penumpang. Kereta tersebut juga sudah memiliki tingkat komponen dalam negeri yang tinggi, dimana bodi kereta, interior, layar led, coupler, dan penyejuk udara sudah menggunakan produk Indonesia.

Spesifikasi teknis kereta LRT Palembang.

LRT Palembang sendiri merupakan proyek transportasi publik yang dibangun untuk membantu menyelesaikan masalah kemacetan di Palembang sekaligus persiapan untuk menyongsong Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Palembang dan Jakarta. Jalur LRT Palembang akan membentang sepanjang 22 kilometer yang menghubungkan Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II dengan Jakabaring Sport Center yang akan menjadi venue Asian Games 2018.

Baca juga: Buatan Ceko, Wesel LRT Palembang Diangkut Menggunakan Antonov.

Untuk pengoperasian LRT dan jalurnya, semuanya akan diserahkan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI). Pembangunannya dimulai pada Januari 2016 dan ditargetkan mulai beroperasi pertengahan 2018 atau sebelum dimulainya Asian Games. Pendanaannya sendiri akan menggunakan anggaran Kementerian Perhubungan sebesar Rp 7 Triliun dan akan dibayarkan melalui APBN 2017 dan 2018.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.