BAGIKAN
Rangkaian LRT Jakarta di terminal kendaraan internasional pelabuhan Tanjung Priok (KAORI Nusantara / Farouq Adhari)
Rangkaian LRT Jakarta di terminal kendaraan internasional pelabuhan Tanjung Priok (KAORI Nusantara / Farouq Adhari)

Sabtu malam (9/6), sebanyak tiga rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) milik PT LRT Jakarta (LRTJ) tiba di pelabuhan Tanjung Priok selepas berlayar dari Korea Selatan. Ketiga rangkaian kereta LRTJ yang disebut Light Rail Vehicle (LRV) buatan Hyundai Rotem ini merupakan rangkaian kedua, ketiga dan keempat milik LRTJ. Sebelumnya, rangkaian perdana LRTJ sudah tiba terlebih dahulu pada 14 April dan dalam waktu dekat akan segera melaksanakan uji dinamis.

Baca Juga: Kereta LRT Jakarta Tiba di Tanjung Priok

Sama seperti pengiriman rangkaian perdana, kapal yang digunakan adalah kapal jenis Vehicles Carrier berbendera Singapura, Turandot. Walau telah bersandar sejak sore hari, proses bongkaran unit-unit LRV milik LRTJ ini baru dimulai sekitar pukul 19.30 karena harus mendahulukan bongkaran alat berat serta beberapa mobil yang terletak berdekatan dengan pintu keluar kapal. Unit LRV pertama yang diturunkan dari kapal adalah kereta 1104B dari rangkaian TS4. Proses bongkaran tiga rangkaian LRTJ ini berlangsung hingga sekitar pukul 22.30 WIB.

Kapal jenis Vehicles Carrier pengangkut kereta LRT Jakarta, Turandot.
Kapal jenis Vehicles Carrier pengangkut unit LRV milik LRT Jakarta, Turandot. (KAORI Nusantara / Farouq Adhari)

Rencananya, keenam unit LRV ini akan di bawa menuju jalur LRTJ pada tanggal 22 Juni mendatang dan kemungkinan akan menggunakan rute perjalanan yang sama pada saat pengiriman rangkaian perdana LRTJ. Untuk sementara waktu, keenam unit LRV tersebut akan diparkir di dalam terminal kendaraan internasional.

Baca Juga: Penuh Tantangan, Rangkaian Kereta LRT Jakarta Dipindahkan Ke Jalur Layang

Proses pembuatan LRV ini juga lebih cepat dari waktu rata-rata pembuatan kereta LRT, tanpa mengesampingkan kualitasnya. Jika biasanya pembuatan LRV memerlukan waktu sekitar 20 bulan, kereta LRT Jakarta ini dibuat hanya dalam kurun waktu 13 bulan. Hal ini disebabkan model dan desain kereta LRT Jakarta sama dengan kereta LRT Gimpo Gold Line yang sedang dibuat di Hyundai Rotem, sehingga tidak terdapat perbedaan atau modifikasi yang signifikan.

This slideshow requires JavaScript.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.