BAGIKAN
Kereta diujicoba diatas jembatan Windsor (David Loneragan/RailExpress.com.au)

Senin (14/1) lalu, Operator kereta bawah tanah di Sydney, Sydney Metro telah berhasil melakukan uji coba kereta tanpa masinis di Northwest Corridor (Koridor Barat Laut) antara Chatswood ke Tallawong yang berada 36 km barat laut Sydney. Proyek yang menghabiskan dana sebesar 8,3 juta dolar ini juga dilakukan untuk memperbaiki insfrastruktur lama agar menunjang armada barunya yaitu armada single-deck yang juga sebagai kereta otomatis.

Ditargetkan Northwest Corridor akan berjalan dengan headway selama 4 menit di waktu sibuk setelah beroperasi secara otomatis. Namun, ada kereta yang masih dalam perjalanan menuju jalur Sydney Metro. Dalam rilisnya, pemerintah mengatakan bahwa 17 dari 22 kereta telah dikirim dari Alstom setelah 9 lainnya yang telah tiba pada Juli lalu untuk uji coba pertamanya.

PM Gladys saat menyambut Metro Sydney datang. (Jeremy Piper/AAP)

Selanjutnya, uji coba akan dilakukan untuk menguji sistem persinyalan, dan performa kereta sebelum pengoperasian yang rencananya akan dilaksanakan pada kuartal kedua pada tahun ini. “Mereka berkata hal ini (kereta berjalan tanpa masinis) tidak akan pernah terjadi. tapi hari ini kita melihat kereta ini diuji coba untuk pertama kali” kata Gladys Berejiklian, Perdana Menteri New South Wales. “Proyek ini hampir selesai” kata Andrew Constance, Menteri Transportasi dan Infrastruktur Negara Bagian New South Wales. “Kami telah menyelesaikan stasiun, tempat parkir, dan menguji coba kereta untuk membuka Koridor Northwest secepat mungkin, dan tepat waktu” sambungnya.

Advertisement Inline

Sedangkan proyek kedua kereta bawah tanah Sydney Metro yang menghubungkan Chatswood ke Sydenham masih dalam proses pembangunan. Proses yang sedang berlangsung adalah pembuatan terowongan yang akan dijadwalkan mencapai persentase 50% pada pertengahan tahun 2020. Sedangkan uji coba sarana dan prasarana direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Cemplus Newsline by KAORI | Ramadhan Krisna Adi P.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.