Lanjutan dari halaman pertama.

Breaking the Fourth Wall

“Programmer Ikut Nimbrung” ©GameStation Magazine

Banyak sekali kemunculan Mikaeru Shihojou dan Garde Astale selaku pembuat gim ini. Sebagian besar kemunculan memang untuk ngejayuz, tetapi sebagian lagi juga untuk memberi penjelasan tentang mekanisme gim. Selain itu, banyak karakter dari gim ataupun anime yang turut meramaikan baik sebagai NPC (Non Player Character) numpang lewat ataupun sebagai Summon dan Assist. Semua lagu di dalam game ini juga memakai soundtrack dari anime dan game terkenal seperti Final Fantasy, Inuyasha, dan lain-lain. Beberapa musuh spesial super kuat dapat ditemukan sebagai “Optional Boss seperti Blue Eyes White Dragon dari Yugi-Oh! sampai Emerald Weapon dari Final Fantasy 7 yang harus dilawan di dalam air dengan waktu yang terbatas.

Bagi yang sudah kenal tentunya akan lebih mengerti cara mengalahkan mereka. Berhubung gim ini tidak untuk diperjualbelikan, tentunya tidak ada masalah bila mencaplok karya orang lain. Garis bekas pemotongan gambar masih terlihat di dalam gim, mungkin karena zaman dulu program untuk meng-edit gambar tidak secanggih zaman sekarang. Musik di dalam gim ini juga masih menggunakan tipe file MIDI sehingga kadang terdengar agak pecah dan cempreng.

Advertisement Inline

Kesimpulan

GameStation Saga ~Fighter Machine~ sukses mencampurkan berbagai unsur asing dari gim dan anime lain tanpa merusak main story GameStation Saga sendiri. Tidak pernah main gim RPGMaker sebelumnya? Tidak masalah! Gim ini dibuat ramah untuk pemula dan dapat dimainkan oleh segala umur karena tidak ada unsur dewasa yang menonjol. Salah satu daya tarik paling utama dari gim ini adalah pada animasi pertempuran. Setiap karakter memiliki animasi serangan biasa yang berbeda. Animasi skill juga digarap dengan simpel namun masih indah dipandang mata. Gim ini tentunya tidak seratus persen sempurna karena terbilang cukup panjang dan dibuat dalam waktu terbatas.

Main Story di sini terbilang cukup pendek tetapi ada berbagai macam sidequest dan minigame yang dapat pemain lakukan di dalam gim ini. Mulai dari menjelajah di istana Dracula (Castlevania) hingga berjudi di balapan Chocobo tentunya bisa memakan waktu bermainmu hingga ratusan jam. Pemain juga tidak perlu pusing dengan dungeon yang panjang dan puzzle yang rumit karena gim ini tidak menonjolkan hal tersebut. Sistem dungeon di sini terbilang simpel, akan tetapi encounter rate musuh di sini terbilang tinggi. Walaupun begitu, ada barang yang dapat menghilangkannya dan dapat dibeli di awal permainan.

Bosan dengan RPG generik yang itu-itu saja? Tidak ada salahnya untuk mencoba bermain GameStation Saga ~Fighter Machine~. Sayangnya, gim ini bisa dibilang sudah sangat sulit ditemukan, karena sejak awal GameStation Saga ~Fighter Machine~ memang bukanlah gim yang dibuat secara profesional dan dirilis secara komersial, melainkan hanya sebuah gim doujin “lucu-lucuan” yang dirilis secara terbatas sebagai bonus. Jika beruntung, mungkin masih bisa menemukan unduhan gim ini di internet.

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.