BAGIKAN

Ketika membicarakan tentang game bertema balapan alias motorsport, hal yang biasa terpikirkan adalah menjadi seorang pembalap tercepat, menyalip lawan di lintasan, dan menjadi pemenang. Namun, bagaimana jadinya jika para pemain kini menjadi manajer di sebuah tim balap yang menuntun para pembalap yang ada di tim tersebut untuk menjadi juara di sebuah kejuaraan balap?

Playsport Games merilis Motorsport Manager, sebuah game bertema motorsport yang terinspirasi dari ajang mobil paling bergengsi di dunia yaitu Formula 1 (F1). Tetapi para pemain bukan menjadi pembalapnya, melainkan sebagai manajer. Di game ini, pemain akan menjadi manajer di sebuah tim balap di mana nanti mereka akan mengatur strategi agar para pembalap di timnya berhasil menjadi juara di setiap ajang balap.

Sistem permainan di game ini benar-benar diimplementasikan dengan sangat baik karena di sini ketangkasan dan kepandaian pemain dalam mengatur strategi di dunia balap mobil akan diuji. Nantinya pemain juga harus pintar-pintar menentukan settingan mesin dan ban mobil balapnya sebelum balapan sesuai karakteristik sirkuit balap dan kondisi cuaca yang ada. Tugas dalam membuat settingan mobil merupakan hal yang sangat vital karena akan mempengaruhi laju mobil ketika balapan berlangsung.

Advertisement Inline

Tetapi tenang saja, game ini menyediakan pilihan bantuan yang akan memberikan saran jika player mengalami kesulitan untuk membuat keputusan. Mengatur settingan mobil bisa dilakukan saat sesi kualifikasi atau tepat sebelum balapan dimulai jika settingan mesin saat kualifikasi dirasa kurang pas. Seperti di dunia nyata, sesi kualifikasi ini juga menentukan di posisi berapakah para pembalap ditempatkan sebelum start dimulai.

Motorsport Manager
Mengatur settingan mobil dan ban sebelum balapan di mulai

Ketika balapan dimulai, di sinilah tugas paling penting untuk para pemain. Para pemain harus memberikan instruksi-instruksi seperti menentukan kapan harus mengganti ban, kapan harus masuk pit, bahkan mengantisipasi jika terjadi insiden yang tidak terduga di tengah balapan. Mereka juga bisa menentukan kapan pembalap harus melaju lebih kencang agar sang pembalap mendapatkan posisi teratas. Pilihan kontrol yang ada dilayar tersaji dengan sangat praktis. Pemain cukup men-tap opsi “strategy“, memilih beberapa pilihan yang tersedia dan kemudian melihat hasilnya.

Ketika bapalan Berlangsung

Tidak hanya di dalam lintasan. Di luar lintasan para pemain juga memiliki tugas penting, yaitu mengatur operasional tim seperti meng-upgrade fasilitas yang dimiliki di tim motorsport tersebut yang nantinya akan mempengaruhi performa mobil balapnya. Di sisi lain, pemain bisa merekrut staf yang berpengalaman atau bisa juga memecat staf yang dirasa kurang memberikan kontribusi yang berarti untuk tim. Untuk menunjang kesuksesan tim balap di lintasan, pemain memiliki kebebasan untuk merekrut pembalap berpengalaman maupun pembalap muda yang bisa dibina menjadi pembalap top. Semua itu bisa dilakukan sesuai pilihan dan selera masin-masing pemain. Selain urusan “inti”, pemain juga harus mengatur sponsor dan fans yang juga berpengaruh terhadap keberlangsungan finansial timnya.

Fasilitas yang memadai dan staff yang ahli akan mempengaruhi kinerja kendaraan

Motorsport Manager menghadirkan grafis yang cukup baik untuk kelas game smartphone dengan tampilan yang cukup simple, jelas, dan sederhana. Hal menarik lainnya yang ada di sini adalah munculnya tampilan media sosial “palsu” yang berisi berita balapan di luar lintasan atau ketika balapan berlangsung. Satu kekurangannya dari game ini ukuran tombol yang terlalu kecil sehingga akan timbul sedikit kesulitan ketika memilih menu tertentu. Namun, hal itu buka masalah besar jika kita memainkan game ini dengan perangkat tablet.

Motorsport Manager telah dirilis di beberapa platform ponsel seperti di Android maupun iOS. Bahkan game ini juga tersedia dalam versi PC (Windows, Mac OS, dan Linux) dengan fitur yang lebih lengkap. Bagi para pengguna PC, game tersebut bisa didapatkan di Steam. Untuk versi ponselnya, game ini sudah dirilis sampai 3 seri. Seri terbaru yang berjudul Motosport Manager 3 menghadirkan dua disiplin balap mobil baru yang memiliki gaya permainan dan strategi yang berbeda, yaitu Grand Touring (GT) dan Endurance alias balap ketahanan. Game Motorsport manager yang pertama, kedua dan ketiga tersebut bisa didapatkan di Google Play.

Akhir kata, Motorsport Manager adalah pilihan yang pas jika kita ingin menghabiskan waktu luang dengan ponsel dan juga karena game-nya juga tergolong cukup ringan. Jika Anda merupakan penggemar motorsport dan ingin merasakan sensasi menjadi manajer sebuah tim balap, segera jajal game ini.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.