BAGIKAN
©Shirow Shiratori・SB Creative/Ryuuou no Oshigoto! Production Committee

Kompetisi sering menjadi fokus utama banyak manga ataupun anime. Mulai dari yang nyata seperti sepak bola, hingga yang fiktif seperti pertarungan monster ala Pokemon. Kompetisi-kompetisi tersebut biasanya memang seru dan mengasyikkan sehingga sangat cocok diangkat menjadi anime atau manga. Ryuuou no Oshigoto! juga mengisahkan tentang kompetisi, namun bukan sepak bola, basket atau bisbol melainkan kompetisi shogi. Memang kalau dilihat luarnya saja, shogi, yang juga dikenal dengan nama catur Jepang, tidak kelihatan seru . Namun Ryuuou no Oshigoto! berhasil menunjukkan shogi dengan cara yang jauh dari membosankan. Bermula dari sebuah seri novel ringan karya Shirow Shiratori, pada bulan Januari tahun 2018 Ryuuou no Oshigoto! diangkat menjadi serial anime. Produksinya ditangani oleh Project no. 9 (Ro-kyu-bu!!, Tenshi no 3P) dan posisi sutradara ditempati oleh Shinsuke Yanagi (Netoge no Yome wa Onnanoka ja Nai to Omotta?, Momo Kyun Sword).

©Shirow Shiratori・SB Creative/Ryuuou no Oshigoto! Production Committee

Yaichi Kuzuryu (Yuuma Uchida) dikenal sebagai seorang jenius dibidang shogi. Dirinya yang baru berusia 16 tahun sudah berhasil mendapatkan gelar Ryuuou (artinya Raja Naga) yang merupakan salah satu gelar tertinggi dalam dunia profesional shogi. Suatu hari, Yaichi kedatangan seorang tamu yang tak diduga, yaitu seorang gadis kecil berusia 9 tahun bernama Ai Hinatsuru (Rina Hidaka). Rupanya beberapa waktu yang lalu, di hari pertandingan untuk mendapatkan gelar Ryuuou, Yaichi pernah memberikan janji pada Ai (yang rupanya adalah putri dari pemilik penginapan tempat pertandingan tersebut diadakan). Jikalau dirinya berhasil mendapatkan gelar Ryuuou, Yaichi berjanji akan mengangkat Ai menjadi muridnya. Awalnya Yaichi yang melupakan janji itu, berpikir akan menolak Ai dengan halus karena dirinya yang masih sangat muda dan belum mampu untuk menangani seorang murid. Tetapi setelah melihat insting shogi Ai yang sangat tajam, Yaichi berubah pikiran. Ia pun mengangkat Ai sebagai murid pertamanya dan, tidak tanggung-tanggung, bertekad menjadikan Ai sebagai seorang pemain shogi profesional yang hebat.

Banyak kawan dan lawan yang ditemui oleh Yaichi dan Ai dalam perjalanan mereka di dunia shogi. Mulai dari Ginko Sora (Hisako Kanemoto), rekan seperguruan Yaichi yang juga seorang jenius shogi dengan julukan “Putri Salju dari Naniwa”. Kemudian ada pula Keika Kiyotaki (Ai Kayano), putri dari guru Yaichi yang bertekad untuk menjadi pemain shogi profesional meski usianya sudah mendekati batas yang diperbolehkan. Bahkan Yaichi nantinya akan mendapatkan murid satu lagi dengan nama Ai Yashajin (Ayane Sakura). Ai yang satu ini, meski juga seorang jenius shogi berusia 9 tahun, berbeda dengan Ai Hinatsuru yang kerap terlihat naif dan polos. Ai Yashajin pintar membaca bahasa tubuh dan sering melempar ejekan untuk memanasi lawannya. Sifat yang berlawanan, ditambah dengan gaya bermain shogi yang berbeda 180 derajat, menjadikan Ai Yashajin seorang saingan yang kuat sekaligus rekan belajar yang baik bagi Ai Hinatsuru.

©Shirow Shiratori・SB Creative/Ryuuou no Oshigoto! Production Committee
Advertisement Inline

Sementara itu, Yaichi yang sudah menyandang gelar Ryuuou bukan berarti bisa bersantai-santai. Sebagai seorang Ryuuou, Yaichi tak hanya harus berhadapan dengan lawan yang seumuran dengannya. Yaichi juga harus bisa mengalahkan orang-orang yang jauh lebih tua darinya. Puncaknya, ia harus bisa mempertahankan gelar tersebut dari sosok pemain shogi dengan gelar Meijin, gelar tertinggi dunia shogi. Konon katanya, kemampuan dan insting shogi Meijin melebihi siapapun dalam dunia shogi. Karena itulah Ryuuou Yaichi yang jenius sekalipun harus terus belajar dan berlatih. Bersama Ai, Yaichi melewati suka dan duka dalam dunia shogi yang penuh lika-liku.

©Shirow Shiratori・SB Creative/Ryuuou no Oshigoto! Production Committee

Ryuuou no Oshigoto! memiliki tema sentral utama yang jelas: shogi. Kemungkinan besar seorang penonton anime biasa, apalagi yang berasal dari luar Jepang, tidak mengerti peraturan dari shogi. Tetapi tidak perlu khawatir, Ryuuou no Oshigoto! cukup baik hati pada penonton yang awam shogi. Biasanya setiap pertandingan selalu dinarasikan oleh salah satu karakter dengan penjelasan yang umum dan lumayan ringkas, sehingga para penonton awam bisa kurang lebih memahami apa yang terjadi di atas papan. Bagi yang paham dengan shogi, tetap banyak istilah-istilah yang digunakan untuk menggambarkan apa yang terjadi di atas papan permainan secara lebih spesifik. Bahkan tak jarang papan shogi pertandingan diperlihatkan secara keseluruhan, sehingga terlihat dengan jelas bagaimana sebenarnya kondisi pertandingan tersebut. Pada akhirnya penonton Ryuuou no Oshigoto! dari kalangan manapun tetap akan bisa menikmati pertandingan-pertandingan shogi yang sengit dan penuh dengan kejutan di tiap episodenya.

Ulasan anime Ryuuou no Oshigoto! berlanjut ke halaman kedua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.