BAGIKAN
film sri asih

Sri Asih, sosok pahlawan super wanita karya R.A. Kosasih telah dikonfirmasi akan kembali diadaptasi menjadi film, sekaligus menjadi film terbaru dari Jagat Sinema BumiLangit (JSBL) di tahun 2020 mendatang. Setelah sukses dengan GundalaBumiLangit memang semakin bersemangat dalam mengangkat IP-IPnya untuk diadaptasi menjadi film. Setelah pengumuman film Virgo And the Sparkling beserta audisi talent search untuk film tersebut, BumiLangit langsung mengumumkan dibuatnya film versi baru pada tanggal 21 September 2019 lalu, sekaligus meluncurkan teaser poster perdananya di depan publik beserta sutradara yang akan menangani di film tersebut.

Film terbaru ini akan disutradarai oleh Upi Avianto alias UPI yang dikenal sudah menyutradarai film Serigala Terakhir dan My Stupid Boss. Pevita Pearce telah didapuk untuk memerankan sosok Sri Asih. Masih belum ada informasi lebih lanjut kapan kiranya film ini akan dirilis. Upi Avianto sendiri sebelumnya sempat digadang-gadang untuk menyutradarai film terbaru Panji Tengkorak, sebelum akhirnya posisi sutradara untuk film tersebut diambil alih oleh Anggy Umbara.

Advertisement Inline

Sri Asih adalah karakter komik rekaan karya Raden Ahmad Kosasih atau R.A. Kosasih yang dijuluki Bapak Komik Indonesia, yang dirilis pada tahun 1954. Dirilis di bawah naungan Penerbit Melodie, Sri Asih adalah produk “lokalisasi” tokoh-tokoh pahlawan super dari Amerika Serikat pada masanya. Sosok ini adalah seorang pahlawan super wanita seperti Wonder Woman, namun dengan penampilan busana tradisional ala Indonesia.

Alkisah Nani Wijaya, putri dari keluarga berada, merupakan titisan Dewi Sri dari kahyangan. Setelah dewasa, Nani bekerja di Biro Penyelidikan Kriminal sebagai pembela kebenaran yang berani. Namun, saat ia kesulitan, Nani dapat mengubah dirinya menjadi Sri Asih dengan mengucapkan “Dewi Asih!”. Sosok pahlawan super ini sendiri  tidak hanya beraksi di Indonesia tetapi juga sampai ke Singapura dan Macao. Kisahnya sebelumnya pernah dibuat film di tahun yang sama dengan perilisan komiknya yaitu pada tahun 1954 dan disutradarai oleh Turino Djunaedy dan diperankan oleh Mimi Mariani. Adapun pada tahun pada tahun 2017 lalu, Sri Asih juga pernah dibuat kembali komik terbarunya, sebagai salah satu bagian dari proyek BumiLangit [R]evolusi. Komik versi baru tersebut digarap oleh Alti Firmansyah, Alfi Zachkyelle, Uwi Mathovani, Selvia Ningsih, Goklas Oyasujiwo Poetranto, dan Erwin Prima Arya.

Baca juga:

Yukitora Keiji Hidupkan Kembali Karakter Legendaris Sri Asih melalui Cosplay

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.