Di antara berbagai macam gim simulasi, salah satu tipe gim simulasi yang cukup saya cukup sukai adalah simulasi berkaitan dengan kehidupan seperti The Sims maupun seri merawat anak seperti Ciel Fledge dan juga Princess Maker. Bagi saya pribadi Princess Maker merupakan salah satu gim yang sangat unik untuk pasar yang spesifik juga, karena gim ini menfokuskan diri untuk mensimulasikan bagaimana caranya untuk merawat anak, tapi dalam prosesnya anak tersebut dapat berubah sesuai dengan arah didikan pemain. Mengenai Princecss Maker sendiri, gim ini merupakan karya perusahaan Gainax yang dikenali dengan anime seperti Gurren Lagann maupun dokumenter OVA Otaku no Video. Saya sendiri sempat terkejut ketika mengetahui Gainax juga memproduksi gim sendiri bahkan gim yang sangat spesifik sekali. Namun tanpa saya sadari gim ini bahkan cukup populer di eranya walaupun memiliki pasar yang terbatas.

Princess Maker adalah seri simulasi merawat anak yang pertama kali dirilis pada tahun 1991 dan terus berkembang hingga seri terakhir yaitu Princess Maker 5 pada tahun 2007. Karena gim ini adalah gim lawas tentunya mencari produk fisiknya akan sangat sulit, tapi beruntunglah karena ada perusahaan yang siap untuk merilis gim ini kembali bahkan dengan grafis yang lebih diperhalus maupun adanya suara dibeberapa bagian percakapan. CFK merupakan perusahaan yang memperhalus gim ini dengan nama Princess Maker Refine Edition. Bagi yang berminat kalian dapat membeli gim ini di Steam. Selain itu CFK juga merilis beberapa seri Princess Maker lainnya yang juga tersedia versi digitalnya. Namun sebelum membeli, kira-kira apakah gim ini cocok bagi kalian yang suka dengan simulasi? Mari simak ulasan berikut ini.

Premis Cerita

© CFK CO., Ltd.  © Gainax

Setelah peperangan panjang antara ras iblis dengan ras manusia, akhirnya pemain, seorang pahlawan dari dunia manusia berhasil mengalahkan raja iblis dan menyelesaikan pertempuran ini. Karena itu pemain akan diberikan hadiah dari sang raja atas kerja kerasnya dalam mengakhiri peperangan ini, raja berjanji untuk memberikan apapun kepada pemain. Pada saat itu pula pemain memutuskan untuk membantu para anak-anak yatim piatu yang kehilangan orang tua-nya selama peperangan ini, yaitu dengan merawatnya hingga dewasa. Dengan rasa keinginan menonolong itu, pemain juga meminta kepada raja untuk diizinkan berhenti sebagai petarung garis depan.

Terkejut oleh permintaan sang pemain, sang raja menanyakan alasannya, setelah mendengarkan alasan sang pemain akhirnya raja memutuskan untuk memberikan kediaman besar sekaligus hadiah uang untuk menunjang juga kehidupan sang pemain bersama anak adopsinya ke depannya. Beberapa hari kemudian setelah percakapan itu, tibalah seorang perempuan kecil yang kelak akan menjadi anak pemain untuk dirawat selama 8 tahun ke depannya.

Gameplay sederhana namun memuaskan

© CFK CO., Ltd.  © Gainax

Princess Maker Refine mampu memberikan pengalaman fantasis yang dapat memanjakan pemain setidaknya untuk 1 – 3 jam ke depan. Ketika cerita prolog sudah selesai, pemain langsung disajikan dengan layar statis di mana pemain dapat memulai merancang kegiatan apa yang akan dilakukan oleh anak pemain baik itu belajar hingga bekerja. Yap, bekerja, di sini cara untuk mendapatkan uang hanya dengan “child-labour”, entah mengapa pemain sebagai ayah anak tersebut tidak bekerja, namun di sini anak akan bekerja guna menopang keuangan keluarga pemain. Selain itu setiap kegiatan hampir memakan biaya, belajar kalian perlu bayar dan ikut tes-pun bayar. Di sinilah keseruan akan dimulai karena pemain perlu mengatur dan memanajemen jadwal kegiatan yang terbaik apakah untuk mendapatkan uang atau mendidiknya menjadi lebih baik saja. Selain masalah finansial itu pemain akan ditantang oleh kondisi fisik maupun mood dari sang anak. Yap mood juga akan berpengaruh pada performa anak tersebut belajar maupun bekerja. Terkadang kalau anak sedang kesal ia dapat membolos atau bahkan melakukan kesalahan dengan sering (yang alih-alih harusnya menghasilkan uang malah mengurangi uang). Manajemen hal-hal kecil seperti itu semakin membuat gim ini menarik karena ada sistem risk and reward yang menantang.

Namun saya perlu berkata juga gim ini memiliki penjelasan yang buruk dalam mengajari pemain bermain (bahkan sebenarnya tidak ada). Karena gim ini dirilis pada tahun 1991 maka petunjuk bermain hampir tidak ada, sehingga pemain harus dapat memikirkan sendiri apa yang akan terjadi bila melakukan hal ini itu. Mungkin terlihat sepele sih, karena apa sih sulitnya merawat anak? Toh kan cuma simulasi sederhana, hal tersebut sangatlah kontras. Ya sebenarnya sih sederhana namun banyak sekali faktor yang tidak dijelaskan atas mengapa anak bisa seperti itu, sehingga mayoritas waktumu akan dituntun untuk memikirkan kenapa anak bisa seperti itu. Hal itu juga memberikan dampak menarik karena kita sebagai pemain akan merasa untuk memikirkan langkah kita dengan baik kedepannya. Untuk mengakhiri keluh kesah akan petunjuk yang buruk adalah UI/UX yang sangat buruk! Yap setelah mengeluh akan petunjuk yang terbatas dan malah memberikan apresiasi karena membuat pemain menjadi lebih memikirkan dampak apa yang akan terjadi pada anak itu ke depannya. Hal yang sangat mengganggu (tapi di awal saja) adalah UI/UX yang buruk. Ketika memulai gim saja pemain akan disajikan oleh komposisi warna yang cukup sakit bagi mata, lalu ketika memulai bermain pemain akan disajikan dengan banyak sekali teks untuk dilihat sekaligus, seiring waktu keluhan atas UI/UX ini dapat dilupakan namun bagi pemain baru, kalian perlu bersabar ketika awal memahami gim ini khususnya tanpa adanya petunjuk resmi dari pihak pengembangnya.

Berbagai macam pilihan yang akan merubah masa depan anakmu

© CFK CO., Ltd.  © Gainax

Terakhir adalah reward yang kalian dapatkan ketika merawat anak, selain hanya belajar dan bekerja. Terkadang pemain akan mendapatkan suatu event khusus di mana pemain dapat bermain atau keluar bersama anak pemain dan mendapati suatu cerita singkat terkait perkembangan anak itu, baik itu sewaktu liburan musim dingin hingga musim panas. Bagi saya visual di sini sangat indah dan nyaman untuk dilihat, karena kita dapat melihat proses menuju kedewasaan anak yang telah kita rawat. Namun bagi beberapa pemain, saya juga perlu memperingati bahwa akan ada adegan yang mungkin tidak kalian sukai seperti adegan nuditas yang cukup terlihat sekali (ya saya paham dia anak kita sehingga adegan itu tidaklah aneh, akan tetapi perlu dicatat saja karena mungkin kalian tidak menyukai hal itu).

Selain ilustrasi singkat momen tertentu bersama anak, setiap kegiatan yang pemain lakukan pasti akan ditampilkan dalam bentuk visual gambar yang imut, di sini kita dapat melihat interaksi anak kita dengan kegiatan tersebut.

Kesimpulan

Akhir kata, memang perlu disadari bahwa Princess Maker Refine sendiri bukanlah gim yang semua orang akan suka ketika pertama kali memainkannya, karena desain UI/UX yang kurang mendukung khususnya di masa kini, maupun dengan keterbatasan informasi yang pemain dapatkan ketika memulai memainkannya. Namun bagi kalian yang sabar dan tidak masalah dengan hal itu, maka Princess Maker Refine dapat saya katakan adalah sebuah simulasi yang memanjakan apalagi dengan lantunan musik klasik 16-bit serta dengan visual yang dapat saya katakan masih unik. Memang interaksi dengan anak disini jauh lebih sedikit karena pemain hanya dapat mengatur jadwalnya dan melihat hasilnya, namun pada beberapa kasus pemain dapat memainkannya dalam bentuk petualangan (walau akhirnya terasa seperti mode tambahan yang tidak terlalu menyenangkan).

Sehingga bila saya dapat merekomendasikan gim ini kepada kalian, maka bagi kalian yang suka sekali dengan simulasi dan ingin gim berbeda atau cukup detil akan pensimulasiannya, maka gim ini dapat menjadi pilihan awal kalian untuk memainkannya. Lalu bagi kalian yang kasual dan hanya tertarik pada gim ini karena premis merawat anak, bagi saya pribadi mungkin kalian perlu mencoba seri Princess Maker lainnya terlebih dahulu karena seri pertama ini masih terlalu rumit untuk dipahami dalam sekilas baik dalam desain UI/UX maupun informasi yang ada.

Rekomendasi lainnya untuk kalian yang ingin terjun ke dunia simulasi merawat anak adalah bermain Ciel Fledge, sebuah gim karya Studio Namaapa.

Kelebihan

  • Bagi yang menyukai gim bertemakan simulasi, maka Princess Maker Refine mampu membawakanmu sensasi simulasi yang sangat menyenangkan karena banyak sekali aspek yang perlu kalian atur setiap saat.
  • Visual klasik yang sangat memukau, bahkan visual CG-nya sendiri terkadang dapat dibilang wah sekali (perlu diingat ada beberapa gambar yang mungkin akan mengganggu).

Kekurangan

  • UI/UX yang kurang intuitif, kadang juga penggunaan warnanya tidak begitu pas sehingga membinggungkan pemain.
  • Sulitnya merawat anak (sedikit kontradiktif dengan kelebihan diatas), tapi yang saya maksud sulitnya mikro-manajemen dalam gim ini khususnya dalam mencari titik tengah antara keuangan maupun edukasi.

KAORI Newsline | Oleh Cakra Bhirawa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.