BAGIKAN

Tokyo, KAI – Jepang mungkin ingin melonggarkan peraturan hak cipta mereka, yang diperkirakan akan mengadopsi model UU Hak Cipta di Amerika Serikat.

UU Hak Cipta Jepang saat ini mengharuskan izin untuk menggandakan berkas, terkecuali untuk keperluan akademis, pribadi, atau arsip.

Perdana Menteri Yasuo Fukuda berencana mengubah ketentuan ini, memperluas cakupan yang meliputi segala hal, termasuk apakah penggandaan itu bertujuan komersial, dan dampak penggandaan pada nilai atau pasar barang yg digandakan.

Advertisement Inline

Hal ini mengambil hukum penggunaan adil (fair use) yang berlaku di AS, yakni “asal dari karya berhak cipta tersebut” dan “substansi dan jumlah bagian yang digunakan terkait dengan karya berhak cipta tersebut.” UU Hak Cipta Jepang telah membolehkan pengutipan untuk tujuan “peliputan berita, kritik, dan riset.”

Tujuan revisi ini untuk mendukung pola baru sebagian perusahaan yang ingin mendistribusikan karya mereka tanpa hak cipta. Namun, Koran Asahi menjelaskan bahwa revisi ini akan mengatur sejumlah hal yang termasuk ilegal namun tidak dihiraukan, seperti parodi, dan pemuatan gambar karakter anime berlisensi untuk penggunaan di blog pribadi.

Sumber: Anime News Network

2 KOMENTAR

  1. Kl bisa hak cipta nya sekalian supaya cerita2 komik di Jepang ngga dijiplak sinetron indonesia 😀

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.