Mulai Senin (28/3), PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka masa reservasi atau pemesanan tiket kereta api (KA) untuk keberangkatan pada masa angkutan lebaran atau periode arus mudik dan balik Idul Fitri 1437H / 2016M mendatang. Pemesanan tiket untuk perjalanan KA dalam masa angkutan lebaran ini sudah bisa dilakukan mulai 28 Maret hingga 18 April 2016, untuk masa keberangkatan mulai 26 Juni (H-10 Lebaran) hingga 17 Juli 2016 (H+10 Lebaran).

Sistem pemesanan, seperti biasanya, dibuka pada 90 hari sebelum hari keberangkatan (H-90). Ini berarti untuk pemesanan tanggal 28 Maret 2016 sudah dapat mengakses pembelian tiket KA untuk keberangkatan tanggal 26 Juni 2016, pemesanan tanggal 29 Maret 2016 sudah dapat mengakses pembelian tiket KA untuk keberangkatan 27 Juni 2016, dan seterusnya hingga hari terakhir pemesanan tiket KA arus balik pada 18 April 2016 yang membuka akses pembelian tiket keberangkatan 17 Juli 2016.

Pengumuman resmi KAI mengenai pembukaan pemesanan tiket KA masa angkutan lebaran | Sumber : KAI
Pengumuman resmi KAI mengenai pembukaan pemesanan tiket KA masa angkutan lebaran | Sumber : KAI

Pemesanan tiket perjalanan KA reguler maupun tambahan periode arus mudik dan balik lebaran, seperti biasa dapat dilakukan di loket pemesanan dan mesin pembelian tiket (Vending Machine FINNET) di stasiun-stasiun keberangkatan, kanal online seperti situs web resmi KAI, situs-situs web pembelian tiket yang bekerjasama dengan KAI, agen-agen perjalanan resmi, mini market dan aplikasi online “KAI Access” di ponsel pintar Android dan Apple (iOS), kantor pos, Pegadaian dan beberapa kanal lainnya.

Masa angkutan lebaran KAI akan dimulai 26 Juni hingga 17 Juli 2016 mendatang. KAI berencana akan menjalankan KA-KA Reguler dan Tambahan Lebaran sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, dan juga menggelar KA angkutan motor gratis bagi pemudik yang bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI). Jadwal perjalanan KA-KA reguler yang digunakan pada masa angkutan lebaran tahun ini masih sama seperti tahun lalu, sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2015. Sementara itu, untuk jadwal perjalanan KA-KA tambahan akan diumumkan jelang dimulainya masa angkutan lebaran.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.