Setelah “mati suri” bertahun-tahun, Kamboja operasikan kembali layanan kereta api (KA) penumpang miliknya dengan mengoperasikan rangkaian kereta rel diesel (KRD). KA yang mengangkut sebanyak 200 penumpang ini berangkat pada pukul 7.30 waktu setempat dari ibukota Phnom Penh menuju kota wisata pantai yang terletak di selatan negara tersebut, Sihanoukville dengan kecepatan rata-rata 30-40 km/jam.

Royal Railways of Cambodia selaku operator KA tersebut menawarkan perjalanan KA dari Phnom Penh menuju Sihanoukville selama masa liburan Tahun Baru Khmer dengan jadwal pemberangkatan 1 kali per harinya pada pukul 7 pagi hingga tanggal 17 April. KA ini hanya berhenti di 2 stasiun pemberhentian yakni Takeo dan Kampot. Untuk satu kali perjalanan, tarif KA ini dibanderol dengan harga $6.

Perjalanan KA penumpang ini menggunakan KRD dengan formasi 3 kereta yang telah dilengkapi dengan AC. Apabila permintaan tinggi, maka formasi akan ditambah 2 kereta non AC.

Pengoperasian KA selama masa liburan Tahun Baru Khmer ini diharapkan dapat mengurangi beban kemacetan di jalan. Rencananya, bila permintaan dan okupansi tinggi maka status KA ini akan ditingkatkan menjadi KA reguler.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.