BAGIKAN
KRD seri 2700 saat diperlihatkan oleh JR Shikoku (Railway Gazette)

Pada Rabu (23/1), Operator kereta api (KA) bagian Shikoku, JR Shikoku menampilkan rancangan Kereta Rel Diesel (KRD) seri 2700. KRD dengan formasi 2 kereta ini sedang dalam proses uji coba.  Direncanakan KRD tersebut akan mulai beroperasi pada tahun ini sebagai layanan Limited Express pada jalur utama yang belum dielektrifikasi.

KRD seri 2700 milik JR Shikoku (Railway Gazette)

Sebagai operator di pulau terbesar ke-4 di Jepang, jalur JR Shikoku terhubung dengan jalur JR West melalui Jembatan Seto-Ohashi. Jalur yang melewati laut ini telah dielektrifikasi dengan daya 1,5 kV. Lokasinya berada di pesisir utara antara Takamatsu dan Matsuyama. Namun, jalur yang telah dielektrifikasi masih kurang dari 30% keseluruhan pulau.

JR Shikoku sendiri telah memesan 40 KRD seri 2700 dari Kawasaki Heavy Industries dengan harga 1,4 Miliar Yen per 4 Kereta. Dirakit di pabrik manufaktur Hyogo di Kobe, KRD ini akan menggantikan KRD seri 2000 yang telah beroperasi sejak 1989. KRD seri 2000 merupakan KRD pertama di Jepang yang menggunakan suspensi pendulum aktif untuk menaikan kecepatan kereta saat melewati tikungan tajam dengan lebar jalur 1067 mm. Sistem tilting yang sama juga digunakan oleh JR Hokkaido dan Chizu Express Railway.

Uji coba sistem tilting KRD seri 2700 (Railway Gazette)
Advertisement Inline

Badan keretanya sendiri didasarkan pada KRD seri 2600 yang melayani jalur Yosan, Dosan, dan Kotoku di JR Shikoku pada Desember 2017 lalu. Dimana seri 2600 yang mempunyai kecepatan maksimum 120km/jam menggunakan sistem tilting dari Kereta Rel Listrik (KRL) seri 8600. Sedangkan KRD seri 2700 mempunyai sistem tilting baru yang dapat miring hingga 5 derajat. Hasilnya, KRD dapat melaju dengan kecepatan 130 km/jam bersamaan dengan KRD seri 2000.

Warna luarnya sendiri disebut “Neo Japanism – Kenyamanan dan Perkembangan”. Warnanya merah gelap, emas, dan hijau. Warna ini melambangkan 3 prefektur yaitu Kagawa, Tokushima, dan Kochi dimana kereta ini akan beroperasi. Warna merah gelap sendiri menyimbolkan “grup tari yang menarik” yang ada di musim panas. Sedangkan warna hijau yang berarti pohon zaitun lokal, ditambah kaligrafi Jepang yang berarti “Kecepatan dan Energi”.

Interior KRD seri 2700 milik JR Shikoku, kursi reclining dengan kain beludru (Railway Gazette)

Pada bagian interior, terdapat 46 sampai 52 tempat duduk yang dapat dibalik arahnya sesuai perjalanan KA. Interiornya juga dilengkapi dengan soket listrik untuk mengisi baterai laptop atau gawai. Area kursi roda dan toilet juga tersedia di salah satu kereta dari 4 kereta.

Cemplus Newsline by KAORI Nusantara | Ramadhan Krisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.