BAGIKAN

Setelah mengadakan pertemuan pada 7 Juni lalu, Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro bersama dengan Dirut Russian Railways (RZD), Oleg Belozerov menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk memperkuat kerjasama antar kedua perusahaan. Sebelumnya, KAI telah bekerja sama dengan RZD sejak tahun 2010 untuk konstruksi rel kereta api (KA) di Pulau Kalimantan, yang mana MoU untuk pekerjaan tersebut telah ditandatangani pada Februari 2012 silam.

Pada kesempatan kali ini, kedua perusahaan akan bekerja sama dalam bidang konstruksi transportasi, termasuk partisipasi bersama untuk proyek pengembangan infrastruktur perkeretaapian dan logistik di Rusia dan Indonesia. Selain itu, keduanya juga akan bekerja sama di bidang teknik transportasi, pertukaran pengalaman dan kerja sama dalam rangka untuk menarik pihak swasta maupun pihak luar negeri untuk pengembangan perkeretaapian.

Tidak hanya itu, hal yang disepakati oleh kedua perusahaan tersebut juga mencakup kemungkinan kerjasama di bidang ilmiah, dan teknologi serta inovasi, termasuk pertukaran informasi teknis dan ilmiah pada transportasi kereta api, proyek riset, pendidikan dan pelatihan, serta pengembangan standar.

Lokomotif Diesel terbaru milik JSC RZD seri 2TE25KM untuk keperluan KA Barang | Foto: Diesel Power
Lokomotif Diesel terbaru milik JSC RZD seri 2TE25KM untuk keperluan KA Barang | Foto: Diesel Power
Advertisement Inline

Selama pertemuan yang diadakan bersama delegasi Indonesia, Oleg Belozerov menyebutkan bahwa RZD memiliki sejumlah aspek penting yang dapat berguna dalam kerjasama dengan KAI. “Kami ingin mengkombinasikan kemampuan kami. Kami melihat bahwa kami dapat mengaplikasikan potensi kami di berbagai bidang,” ujar Oleg.

Dalam kesempatan yang sama, Edi Sukmoro mengatakan bahwa KAI tertarik dalam mengembangkan jaringan logistik Indonesia dan menyatakan keyakinan mereka bahwa bekerja sama dengan RZD dapat membantu untuk mencapai tujuan ini.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.