BAGIKAN

Selasa (28/6), perjalanan perdana kereta api (KA) Angkutan Motor Gratis secara resmi diberangkatkan. Pemberangkatan KA ini dilepas secara seremonial oleh Executive Vice President (EVP) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta PT Kereta Api Indonesia (KAI), John Robertho di Stasiun Jakarta Gudang. Dalam perjalanan perdananya, KA Angkutan Motor dengan tujuan akhir Stasiun Kutoarjo ini beroperasi dengan formasi 7 kereta bagasi dan ditarik oleh loko CC204 01. Muatan rangkaian dalam perjalanan perdana ini tercatat mengangkut sebanyak 143 unit sepeda motor.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pemerintah melalui Kementrian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) bersama KAI kembali mengadakan layanan angkutan motor menggunakan KA pada masa mudik lebaran tahun 2016 secara gratis. Layanan ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya yang disebabkan oleh sepeda motor pada saat penyelenggaraan Angkutan Lebaran.

EVP Daop 1, John Robertho yang melepas kepergian KA Angkutan motor gratis di Stasiun Jakarta Gudang | Sumber: Kereta Api Kita (facebook)
EVP Daop 1, John Robertho yang melepas kepergian KA Angkutan motor gratis di Stasiun Jakarta Gudang | Sumber: Kereta Api Kita (facebook)

Untuk mendukung layanan ini, KAI telah menyediakan 35 kereta bagasi dengan rincian 14 kereta bagasi untuk jalur utara, 14 kereta untuk jalur selatan 1, dan 7 untuk jalur selatan 2, dengan target kapasitas angkut sebesar 15.834 unit sepeda motor. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya sebesar 9.990 unit sepeda motor.

Advertisement Inline

Selain mengangkut sepeda motor, KAI juga mengalokasikan tiga kereta penumpang pada setiap KA penumpang yang telah ditentukan untuk memfasilitasi para pengguna layanan angkutan motor gratis ini dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 1696 tempat duduk per hari dengan total tempat duduk sebanyak 22.048 tempat duduk selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2016.

KA Angkutan Motor Gratis ini akan dioperasikan selama 6 hari saat arus mudik, yakni mulai tanggal 28 Juni – 3 Juli 2016 dan selama 7 hari operasi saat arus balik mulai tanggal 10-16 Juli 2016.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.