BAGIKAN

Dalam rangka memperkuat kerjasama antar negara-negara anggota ASEAN, para petinggi perusahaan kereta api (KA) se ASEAN yang tergabung dalam ARCEO atau ASEAN Railways CEO’s Conference bertemu di Yogyakarta pada Selasa (18/10).

Dalam pertemuan tersebut hadir petinggi perusahaan KA ddari 7 negara ASEAN, diantaranya Kereta Api Tanah Melayu Berhad (KTMB) Malaysia, State Railway Of Thailand (SRT), Vietnam Railway (VR), Royal Railways Of Cambodia, Lao Railway Authority Laos, Myanmar Railways dan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Selain KAI, dari Indonesia juga diwakili oleh direksi anak usaha KAI lainnya seperti KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), Railink dan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Pertemuan ini berlangsung hingga Kamis (20/10) mendatang. Agenda utama dalam pertemuan ini adalah pembahasan baik teknis, marketing, pelayanan, teknologi maupun perkembangan perkeretaapian di tingkat regional dan rencana integrasi layanan kereta api di Asia Tenggara untuk mensukseskan program Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

CC300 14 01 | Foto: Prasetyo
CC300 14 01 | Foto: Prasetyo
Advertisement Inline

Tak hanya berlangsung di Yogyakarta, rencananya rombongan peserta ARCEO yang berjumlah 110 orang tersebut akan berkunjung ke Stasiun Madiun dan PT INKA menggunakan kereta inspeksi yang ditarik oleh lokomotif CC 300. Selain itu, peserta ARCEO juga dijadwalkan akan menonton sendratari Ramayana di Candi Prambanan dan mengunjungi Museum KA di Ambarawa sekaligus menikmati perjalanan dengan lokomotif uap bergerigi.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.