Tiongkok Berikan Pinjaman Dan Menggarap Proyek Jalur Pantai Timur Malaysia

0
Proyek Jalur Pantai Timur Malaysia
Peta proyek jalur pantai timur Malaysia. | Sumber: Suruhanjaya Pengangkutan Awam Darat,

Salah satu rencana ambisius perkeretaapian jangka panjang negeri jiran Malaysia yakni proyek jalur pantai timur Malaysia akan dibangun dan menggunakan dana pinjaman dari Tiongkok. Proyek ini sendiri akan digarap oleh BUMN konstruksi asal Tiongkok, yakni China Communication Construction Company Ltd (CCCC), sedangkan untuk pendanaan akan menggunakan pinjaman dari Export-Import Bank of China (EXIM).

Menurut Ketua Setiausaha Perbendaharaan Malaysia, Tan Sri Dr Mohd Irwan Serigar Abdullah, bunga pinjaman yang diberikan Tiongkok lebih rendah dan kompetitif dibandingkan dengan dari negara lain.

“Proyek ini mempunyai beberapa poin positif. Kota kecil seperti Mentakab, Dungun dan Tumpat di sepanjang jalur ini akan mendapat manfaat dari segi pembangunan,” katanya kepada media setelah menyambut kedatangan Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak di Hotel China World.

Mohd Irwan berkata, penandatanganan kontrak kerja dan pinjaman akan ditandatangani pada lawatan Perdana Menteri ke Tiongkok. Proyek ini sendiri digarap mulai tahun 2017 mendatang.

Proyek jalur pantai timur Malaysia ini sendiri akan membentang sepanjang 620 km dari Prot Klang hingga Tumpat di perbatasan Malaysia dengan Thailand. Dengan adanya jalur ini diharapkan akan memudahkan arus ekspor dari berbagai kawasan industri ke pelabuhan utama Malaysia di Selat Malaka, Port Klang. Jalur ini juga penting untuk kepentingan Tiongkok, mengingat jalur ini akan melalui kawasan industri bersama Malaysia -Tiongkok di negara bagian Pahang.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.