Tokyo Metro Co., Ltd., salah satu perusahaan kereta bawah tanah (subway) di Ibukota Jepang akan segera memperkenalkan armada spesial pada salah satu jalur tertua yang dioperasikannya. Tentunya, armada spesial ini telah disiapkan secara khusus karena kehadirannya akan dipertemukan juga pada sebuah momen spesial.

Melalui laman resminya, Tokyo Metro mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan 2 rangkaian kereta rel listrik (KRL) seri 1000 di jalur Ginza yaitu 1139F dan 1140F. Dua KRL ini memiliki spesifikasi spesial dimana desain yang digunakan oleh KRL ini berbasis KRL tipe 1000 yang merupakan sang pendahulu dan legenda di jalur Ginza. Rencananya, 1139F akan mulai diperkenalkan pada pertengahan bulan Januari 2017 mendatang dan 1140F pada Maret 2017 sebagai penutup seluruh pesanan KRL seri 1000 oleh Tokyo Metro.

Sesepuh jalur Ginza, KRL tipe 1000. | Foto: Wikipedia
Sesepuh jalur Ginza, KRL tipe 1000. | Foto: Wikipedia

KRL seri 1000 ini merupakan rangkaian KRL terbaru di jalur Ginza yang menggantikan rangkaian KRL seri 01 sejak Januari 2012. Sebanyak 40 rangkaian KRL seri 1000 telah dipesan oleh Tokyo Metro untuk menggantikan armada KRL seri 01 yang sudah memasuki masa pensiun. Desain dan penomoran dari KRL buatan Nippon Sharyo ini sendiri juga terinspirasi dari sang sesepuh sebagai bentuk penghargaan.

Mengadopsi warna yang sama dengan sang kakek, ini dia KRL seri 1000 generasi terkini | Foto: Tokyo Metro
Mengadopsi warna yang sama dengan sang kakek, ini dia KRL seri 1000 generasi terkini | Foto: Tokyo Metro

Dua rangkaian terakhir (1139F dan 1140F) ini didesain dengan spesifikasi spesial yang nantinya akan dioperasikan sebagai kereta reguler dan juga sebagai kereta khusus pada perayaan Ulang Tahun ke-90 jalur kereta bawah tanah pertama di Jepang yaitu jalur Ginza. Perayaan ini akan diselenggarakan pada tanggal 30 Desember 2017.

Perbandingan Interior KRL seri 1000 baru, lama, dan Spesial | Sumber: Tokyo Metro
Perbandingan Interior KRL seri 1000 baru, lama, dan Spesial | Sumber: Tokyo Metro

Adapun pembaruan yang dilakukan di jalur Ginza ini didasari oleh sebuah konsep yaitu “A Fusion of Traditional and Culture” atau Gabungan dari rasa Tradisional dan Kebudayaan. KRL seri 1000 spesial ini menggunakan dasar “Tradisional” dimana Tokyo Metro menggunakan desain dasar dari KRL tipe 1000 lebih mirip ketimbang KRL seri 1000 sebelumnya. Ini dilakukan oleh Tokyo Metro untuk membuat para penumpangnya senang dan menikmati sisi sejarah dalam KRL tersebut.

Perbedaan antara KRL seri 1000 (1139F & 1140F) dengan seri 1000 sebelumnya | Sumber: Tokyo Metro dengan perubahan.
Perbedaan antara KRL seri 1000 (1139F & 1140F) dengan seri 1000 sebelumnya | Sumber: Tokyo Metro dengan perubahan.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses