(Kementerian Perhubungan)

Proyek transportasi terus dibangun. Jelang Asian Games 2018, Palembang akan punya transportasi massal baru yakni light rail transit (LRT) Palembang.

LRT Palembang merupakan proyek transportasi publik yang dibangun untuk membantu menyelesaikan masalah kemacetan di Palembang sekaligus persiapan untuk menyongsong Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Palembang dan Jakarta. Jalur LRT Palembang akan membentang sepanjang 22 kilometer, menghubungkan Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II dengan Jakabaring Sport Center yang akan menjadi venue Asian Games 2018.

(Kementerian Perhubungan)
(Kementerian Perhubungan)

Dalam video yang diunggah oleh Kementerian Perhubungan di halaman Kemenhub151, ada sejumlah detail penting mengenai tiga stasiun utama. Di antaranya, stasiun Sultan Mahmud Badaruddin II yang terintegrasi dengan bandara. Kemudian stasiun Jembatan Ampera yang akan terintegrasi dengan bus rapid transit Trans Musi yang telah beroperasi pada 2010. Kemudian tentu saja stasiun Stadion Jakabaring yang menjadi venue Asian Games tahun 2018.

Advertisement Inline

Kontraktor dari proyek ini adalah PT Waskita Karya sementara operator kereta dan jalurnya akan diserahkan ke PT Kereta Api Indonesia (KAI). Pembangunan telah dimulai pada Januari 2016 dan ditargetkan selesai pada akhir 2017, dengan target pengoperasian pada pertengahan 2018 atau sebelum dimulainya Asian Games. Pendanaannya sendiri akan menggunakan anggaran Kemenhub sebesar 7 Triliun Rupiah dan akan dibayarkan melalui APBN 2017 dan 2018.

Simak videonya di bawah ini.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.