Penggunaan bahan bakar gas di dunia perkeretaapian semakin dilirik oleh beberapa operator kereta api (KA) di beberapa negara dunia. Kini, giliran Spanyol yang menguji coba penggunaan Liquified Natural Gas (LNG) untuk bahan bakar keretanya. Sebelumnya, Indonesia juga telah mengadakan uji coba penggunaan LNG ini pada kereta pembangkitnya.

Dilansir dari Railway Gazette, Operator KA Nasional Spanyol, Renfe Operadora (RENFE) mengadakan uji coba penggunaan LNG sebagai bahan bakar keretanya pada salah satu armada kereta rel diesel (KRD) miliknya. Uji coba ini dilakukan bersama dengan perusahaan Gas Alam Spanyol, Fenosa dan Enagas, Organisasi Riset dari Institut Cerdà, dan beberapa instansi lain.

KRD yang digunakan sebagai “kelinci percobaan” oleh Renfe adalah KRD formasi 2 kereta Kelas 2600 yang berjalan di eks-Jalur FEVE dengan lebar rel 1000 mm. Salah satu dari 2 mesin KRD ini nanti akan diganti dengan mesin dengan bahan bakar LNG. Ini dilakukan untuk melihat perbandingan secara langsung antara mesin diesel dengan mesin LNG. KRD hasil modifikasi ini akan dicoba untuk dioperasikan pada jalur sepanjang 20 Km antara Trubia dan Figaredo di regional Asturias, Spanyol Utara.

Advertisement Inline

Penggunaan LNG sebagai bahan bakar ini dapat memungkinkan RENFE untuk mengurangi emisi karbon serta mengurangi biaya operasi. Selain itu, hal ini juga dilirik sebagai alternatif dari proyek elektrifikasi.

RENFE kini tengah bekerja keras untuk mencapai target pengurangan emisi karbon menjadi 20 gr Karbon Dioksida (CO2) per penumpang-Km (20 gr/pnpkm CO2) hingga tahun 2020. Saat ini, RENFE telah mengurangi penggunaan traksi diesel hingga 32% dari total kereta yang dioperasikan pada tahun ini. Jumlah ini menurun cukup jauh dibandingkan dengan tahun 1990 yang mencapai jumlah 41%.

Baca Juga: KAI dan Pertamina Uji Coba Penggunaan LNG Untuk Bahan Bakar KA.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.