BAGIKAN

Dalam lawatannya menemui Presiden terpilih Amerika Serikat baru-baru ini, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sempat menghadiahi sebuah stik golf lapis emas buatan Jepang, yang dibuat oleh perusahaan Honma Golf Co.

Namun, walau disebut-sebut asli buatan Jepang, di mana stik golf tersebut dibuat oleh perusahaan asal Tokyo, dengan pabrik di Prefektur Yamagata, kenyataannya perusahaan Honma Golf Co. sendiri saat ini dimiliki oleh perusahaan asal Tiongkok.

Berdasarkan informasi dari situs resminya, Honma Golf Co., Ltd., bersama Ant Capital Partners Co., Ltd. memang telah menjalani perjanjian dengan Marlion Holdings Limited, sebuah perusahaan yang dibiayai oleh sebuah grup korporasi besar dari Tiongkok. Perjanjian ini sendiri dimaksudkan untuk memperluas pasar hingga ke Tiongkok dan pasar Asia lainnya. Saat ini, Honma Golf Co. sendiri diketuai oleh Liu Jian Guo selaku Chairman & Representative Director. 

Advertisement Inline

Menanggapi hal ini, Tomoo Marukawa, profesor dari Universitas Tokyo berpendapat bahwasanya gestur ini memiliki makna yang cukup penting. Fakta bahwa Abe menghadiahi sebuah “produk buatan Jepang” dari “perusahaan milik Tiongkok” kepada sosok Donald Trump yang disebut-sebut sangat mendukung proteksionisme tersebut, hadiah tersebut bermakna sebuah “peringatan tersembunyi” dari Jepang.

Sementara itu dalam sesi Parlemen di Jepang baru-baru ini, Abe menyebutkan bahwa hadiah tersebut dibeli dari kantongnya sendiri, mengingat Trump sendiri belum resmi menjadi Presiden.

Selain itu, Abe juga berpendapat bahwa Trump adalah sosok yang “dapat dipercaya”.

KAORI Newsline | Courtesy of The Japan Times & People’s Daily

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.