Rekor dunia kembali dipecahkan, kali ini rekor yang berhasil dipecahkan adalah rekor terowongan kereta api (KA) terpanjang di dunia yang pernah dioperasikan manusia. Rekor tersebut akhirnya dipecahkan oleh terowongan KA di Swiss yang bernama Gotthard Base Tunnel.

Terowongan tersebut resmi beroperasi pada Minggu (11/12). Pada peresmiannya ini, sebuah perjalanan KA penumpang perdana dijalankan dari Zurich menuju Lugano melewati terowongan ini. KA penumpang tersebut berangkat dari Zurich pada pukul 6.09 waktu setempat dan tiba di Lugano pada pukul 8.17 atau lebih cepat 30 menit dibandingkan melewati jalur sebelumnya.

Gotthard Base Tunnel sendiri telah mendapat banyak pujian dari publik Eropa karena menjadi pionir percepatan konektivitas perdagangan dan angkutan barang dari Pelabuhan Rotterdam menuju Laut Adriatik.

Terowongan ini sendiri sebenarnya sudah diresmikan secara seremonial pada Juni 2016 lalu dan peresmian tersebut dihadiri pemimpin negara Eropa seperti Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis François Hollande namun penggunaan operasionalnya secara resmi baru dimulai pada Minggu (11/12).

Dibangun dengan pendanaan dari Pemerintah Swiss, Gotthard Base Tunnel menggunakan Tunnel Boring Machine dengan teknologi tinggi yang menggantikan metode pengeboran dengan teknik  blast-and-drill yang lebih berbahaya dan memakan dana lebih besar. Membelah Pegunungan Alpen, pembangunan terowongan ini memakan biaya £9,3 Juta dan rampung setelah 17 tahun masa konstruksi.

Dengan total panjang 57 km, Gotthard Base Tunnel menjadi terowongan KA terpanjang di dunia mengalahkan Seikan Tunnel di Jepang yang menghubungkan Pulau Honshu dengan Pulau Hokkaido sepanjang 53,9 km dan Channel Tunnel yang menghubungkan Inggris dengan Perancis sepanjang 50,5 km.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.