BAGIKAN

Layanan kereta api (KA) Barang logistik antara Tiongkok dengan Eropa kini kembali menambah rute baru. Pada Sabtu (13/8), satu rangkaian KA Barang Peti Kemas telah diberangkatkan dari kota Yiwu, provinsi Zhejiang, Tiongkok menuju kota Chelyabinsk di Rusia. Rangkaian KA barang ini merupakan layanan terkini yang diluncurkan oleh Tiongkok untuk mendorong hubungan perdagangan di sepanjang jalur Sutra yang legendaris.

Terminal Peti Kemas milik Tiongkok
Terminal Peti Kemas milik Tiongkok

KA Barang dengan nomor perjalanan X8024 berangkat dari kota Yiwu pada pukul 16.18 waktu setempat. Rute terbaru ini merupakan rute ke-empat yang menghubungkan bagian timur pusat ekspor Tiongkok dengan kota-kota yang terletak di Eropa, Asia Tengah, dan Asia Barat.

Layanan KA Barang mingguan ini akan bepergian sejauh 7.200 km dalam waktu 8 hari sebelum mencapai Chelyabinsk yang merupakan pusat logistik serta transit untuk regional Pegunungan Ural di Rusia. Bila dibandingkan dengan menggunakan armada roda karet, Yiwu-Chelyabinsk akan memakan waktu sekitar 35 hari.

Rute baru yang dibuka yaitu antara Yiwu-Chelyabinsk yang melewati dua benua, Asia dan Eropa
Rute baru yang dibuka yaitu antara Yiwu-Chelyabinsk yang melewati dua benua, Asia dan Eropa
Advertisement Inline

Layanan terbaru ini akan sangat menguntungkan, baik dari segi waktu maupun segi biaya. Tercatat KA barang ini hanya memakan waktu 2/3 dari perjalanan dengan menggunakan armada roda karet serta memakan biaya hanya 1/5 dari transportasi udara.

Pada masa yang akan datang, layanan ini diharapkan dapat diperpanjang hingga Moskow, ibukota Rusia.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.