BAGIKAN
Ilustrasi Stasiun Baru di Jalur Yamanote.
Ilustrasi Stasiun Baru di Jalur Yamanote.

Proyek pembangunan stasiun baru di jalur lingkar Tokyo atau yang dikenal sebagai jalur Yamanote akhirnya dimulai. Hal ini ditandai oleh groundbreaking yang diadakan pada hari Jumat (10/2). Pembangunan stasiun baru ini tercatat sebagai penambahan stasiun yang pertama kali di jalur Yamanote sejak tahun 1971.

Dilansir dari Japan Times, Acara groundbreaking ini diadakan oleh East Japan Railway Company (JR East) serta Urban Renaissance (UR) Agency yang merupakan afiliasi dari Kementerian Infrastruktur Jepang. Acara ini pun turut dihadiri oleh Direktur Utama JR East Tetsuro Tomita serta Direktur Utama UR Masahiro Nakajima.

Stasiun baru yang belum diberi nama ini akan dibangun di antara Stasiun Shinagawa dan Tamachi serta berdekatan dengan Stasiun Sengakuji yang terletak di jalur kereta bawah tanah Asakusa mlik Toei dan jalur kereta Keikyu milik Keikyu Corporation.

KRL seri E235 yang memasuki Stasiun Shinagawa | Sumber: Tokyo Railway Labyrinth

Kengo Kuma, seorang arsitek terkenal yang mendesain Stadion Nasional terbaru Jepang terpilih sebagai desainer stasiun baru ini. Terinspirasi oleh Shōji atau partisi ala rumah Jepang, Kuma mendesain stasiun ini dengan menambahkan sentuhan kayu dan atap yang berwana putih.

Rencananya, stasiun ini akan dibuka untuk operasional sebelum Olimpiade serta Paralimpiade diadakan di Tokyo yakni pada musim semi 2020. Sejarah mencatatkan apabila stasiun ini dioperasikan, maka stasiun ini akan menjadi stasiun ke 30 yang beroperasi di jalur Yamanote.

Selain itu, pembangunan stasiun ini juga merupakan bagian dari proyek pengembangan ulang untuk eks-dipo kereta yang terletak di Stasiun Shinagawa dan Tamachi. Pada area ini, yang terletak dekat dengan Bandara Haneda diperkirakan sebagai “Gerbang” Tokyo yang baru dan juga sebagai salah satu terminus untuk layanan kereta cepat Magnetic Levitation (MagLev) yang akan menghubungkan Shinagawa dengan Nagoya.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.