BAGIKAN
KMT Bergambar Anime yang dibuat oleh tim KAORI, KMT ini sudah menggunakan chip Felica

Pengguna KRL Jabodetabek akan semakin dimudahkan dalam menggunakan layanan KRL. PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) selaku operator KRL Commuter Line secara resmi mengumumkan layanan top up atau isi ulang saldo Kartu Multi Trip (KMT) dapat dilakukan di Alfamart terhitung 1 April 2017. Informasi ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama KCJ M. Nur Fadhila dalam konferensi pers yang digelar pada Kamis (30/03).

KCJ dalam konferensi pers tersebut juga menyatakan tidak semua Alfamart akan dapat melayani isi ulang saldo KMT. Pada tahap awal, pengguna dapat mengisi ulang KMT di 495 gerai Alfamart bertanda khusus di kasir dan keberadaan alat pembaca (reader) KMT. Dari seluruh jumlah tersebut, sebayak 156 gerai berada dalam radius 2 km dari 55 stasiun yang tersebar di Jabodetabek dan sisanya berada di radius lebih 2 km. KCJ juga berencana untuk terus menambah jangkauan pengisian saldo KMT di beberapa Alfamart yang lokasinya cukup strategis seperti yang berada di lingkungan perumahan.

Baca Juga: 1 April 2017: GAPEKA Baru, Perubahan Rute Jalur Bekasi dan Pengoperasian KRL Ke Rangkasbitung

Advertisement Inline

Langkah ini merupakan upaya untuk terus memperbaiki dan memodernisasi sistem transaksi tiket elektronik (e-ticketing) KRL Jabodetabek yang telah berlangsung sejak tahun 2013. Selain untuk isi ulang saldo KMT, nantinya KCJ akan menyiapkan sistem transaksi serupa untuk Tiket Harian Berjaminan (THB) serta isi ulang KMT melalui ATM maupun internet banking dalam waktu dekat.

Hingga akhir 2016, tercatat jumlah transaksi untuk penggguna KMT sekitar 119,3 juta transaksi, pengguna THB sekitar 119,7 transaksi dan pengguna kartu keluaran Bank sekitar 41 juta transaksi. Untuk mendukung penambahan pengguna dan transaksi elektronik, KCJ melakukan penambahan perangkat sebanyak 200 unit gate elektronik dan 400 unit vending machine pada tahun ini. Dari 400 unit vending machine tersebut, 60 diantaranya merupakan vending machine khusus untuk fare adjustment. Alat vending machine khusus tersebut nantinya dapat digunakan penumpang yang kurang bayar akibat perbedaan tujuan stasiun dan hanya perlu membayar selisih kekurangan perjalanannya melalui mesin penyelaras tarif.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.