BAGIKAN

Honen Matsuri (豊年祭), perayaan musim panen atau lebih dikenal dengan festival kesuburan yang diadakan setiap tanggal 15 Maret di Jepang.  Sesuai namanya, maka festival ini diadakan sebagai wujud terimakasih warga Jepang untuk berkah panen yang melimpah dan segala kemakmuran dan kesuburan yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

Tempat terbaik untuk merayakan festival ini jatuh pada kota Komaki. Kota tersebut  terletak disebelah utara kota yang penduduknya terpadat keempat di Jepang, Nagoya. Yang khas dari festival ini adalah suara musik yang mengalun pada saat pendeta Shinto memainkan berbagai instrumen,  sake yang bisa di minum sepuasnya, parade perayaan yang meriah, dan lingga yang mempunyai berat 280 kg dan panjang 2,5 meter yang dibawa dari tempat suci yang disebut Shinmei Sha ke kuil yang bernama Tagata Jinja.

Advertisement Inline

Festival dimulai dengan perayaan dan persiapan pada pukul 10.00 di Tagata Jinja. Di sana, dijual berbagai jenis makan dan souvenir yang identik dengan festival ini dan juga tersedia tong kayu besar yang berisikan sake yang bebas diambil untuk para pengunjung.

Pada sekitar pukul 14.00 semua orang berkumpul di Shinmei Sha untuk memulai prosesi. Pendeta Shinto berdo’a dan membuat permohonan bersama para peserta. Lalu sampai pada acara yang paling ditunggu-tunggu, para pendeta membawa Mikoshi dan lingga kayu di sepanjang rute menuju Tagata Jinja.

Sesampainya di Tagata Jinja, seluruh peserta berkumpul di luar kuil untuk menunggu dibagikannya Mochi Nage, kue beras kecil yang dilempar-lemparkan oleh para pendeta Shinto. Festival pun berakhir pada pukul 4.30.

Sedikit omake:

Azu Otaku | Sumber Wikipedia | KAORI Newsline

What? Johnny Matsuri!? LOL ^o^ Happy Nyepi ya, Kaorin..

4 KOMENTAR

  1. bukan kyknya sih rudal…
     
    kalo gak salah tuh pengghargaan karna cowok bisa buat keturunan kan?? hahaha gw agak taw tentang nih,,,,

  2. kok itu yang di bawa menjadi ngerez yow……..apakah itu ??????????
    apa tidak merusak nilai budaya pow????????

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.