Pocari Sweat Festival, acara ini telah sukses diselenggarakan pada 16 November 2019 lalu. Adalah Pocari Sweat, produk minuman isotonik asal Jepang ini beberapa waktu yang lalu sempat viral di jagat internet Indonesia. Pasalnya adalah beredarnya video iklan terbaru mereka yang dirilis di youtube pada 6 September 2019 lalu, di mana video iklan tersebut tampil dengan gaya anime yang mirip dengan anime-anime karya sutradara Makoto Shinkai. Hingga menjelang akhir pergantian tahun 2019 menuju 2020, video iklan tersebut telah ditonton hingga nyaris mencapai 15 juta penonton.

Video iklan tersebut merupakan iklan promosi untuk kontes Pocari Sweat Bintang SMA, sebuah ajang pencarian bakat yang digelar oleh Pocari Sweat, dan diperuntukan bagi insan-insan yang masih duduk di bangku SMA. Melalui ajang ini, Pocari Sweat akan memberi kesempatan bagi para peserta yang masih duduk di bangku SMA untuk bisa dipilih menjadi bintang iklan mereka selanjutnya. Puluhan kontestan yang berasal dari berbagai SMA di seluruh wilayah di Indonesia, lengkap dengan keahliannya masing-masing telah diseleksi untuk mengikuti grand final yang diadakan di ajang Pocari Sweat Festival, demi memilih siapa #BintangSMA sejati.​ 10 finalis yang terpilih dari berbagai SMA yang tersebar di seluruh Indonesia, lengkap dengan talentanya masing-masing ini berlaga dalam grand final yang diselenggarakan pada ajang Pocari Sweat Festival.

Pocari Sweat Festival atau Pocari Festival sendiri merupakan acara festival yang diselenggarakan oleh Pocari Sweat yang diselenggarakan pada 16 November 2019, bertempat di Basket Hall A, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Di acara ini pengunjung dihibur dengan berbagai atraksi seperti cosplay, dance competition, esport competition dan workshop yang menarik tentang isu sampah, dan juga pementasan dari sejumlah artis-artis papan atas Indonesia, seperti RAN, Diskoria Selekta, Tasya Farasya, Rendy Pandugo, Ernest Prakarsa, Gading Marten,  hingga Zee Shahab. Selain atraks-atraksi tersebut, tak lupa juga dengan grand final audisi Pocari Sweat Bintang SMA, di mana kesepuluh peserta yang lolos ke grand final saling menunjukkan kebolehan mereka di atas panggung.

This slideshow requires JavaScript.

Ada Haraku Saibou yang menghiasi tempat sampah setempat juga lho!

Bukan hanya atraksi-atraksi di atas. Di Pocari Festival para pengunjung juga bisa melihat proses di balik layar dari pembuatan video iklan TVC POCARI SWEAT – Bintang SMA yang viral itu, serta berkesempatan untuk bertemu langsung dengan sutradara dari video iklan tersebut, yang tak lain dan tak bukan adalah Yoshitoshi Shinomiya. Yoshitoshi Shinomiya sendiri adalah seorang artis asal Jepang yang cukup banyak terlibat dalam sejumlah produksi anime, terutama dalam hal desain ilustrasi maupun background. Sejumlah anime yang pernah ia tangani di antaranya beberapa anime karya sutradara kenamaan Makoto Shinkai seperti Children Who Chase Lost Voices​, The Garden of Words, hingga your name. Ia juga membuat sejumlah iklan bergaya anime sebagaimana iklan Pocari Sweat – Bintang SMA yang sempat viral itu, termasuk juga menggambar visual dari film layar lebar Pokemon. Beberapa anime yang juga turut ia kerjakan di antaranya adalah In This Corner of the WorldShoujo Shuumatsu Ryokou​Napping Princess, dan sejumlah judul lainnya.

This slideshow requires JavaScript.

Tim KAORI Nusantara sempat berkunjung ke acara Pocari Festival, termasuk melihat-lihat proses di balik layar dari video iklan TVC POCARI SWEAT – Bintang SMA tersebut. Dalam salah satu ruangan yang didedikasikan khusus untuk video iklan tersebut, pengunjung bisa melihat sejumlah sketsa kasar maupun ilustrasi-ilustrasi lainnya akan video iklan bergaya anime karya Makoto Shinkai tersebut, lengkap dengan informasi-informasi menarik di dalamnya. Bukan itu saja, jika beruntung, mereka bisa bertemu dan mengobrol langsung bersama salah seorang tim yang juga turut datang langsung dari Jepang bersama Yoshitoshi Shinomiya sang sutradara. Kru tersebut adalah Ryoichiro Matsuo yang bertindak sebagai Animation Producer.

Ryoichiro Matsuo sang Animation Producer TVC POCARI SWEAT – Bintang SMA

Tim KAORI sempat berbincang-bincang sejenak dengan Ryoichiro Matsuo. Matsuo-kantoku sempat berbagi beberapa cerita kepada tim KAORI mengenai proses di balik pembuatan video iklan ini, yang melibatkan setidaknya 40 orang tim dari Jepang, termasuk melibatkan sejumlah studio anime terkemuka dari Jepang seperti MAPPA dan CLAP. Selain itu, di tengah-tengah proses pembuatan yang memakan waktu sekitar 3 bulan tersebut, ada juga sejumlah staff kreator dari Indonesia yang meninjau langsung pemandangan untuk pembuatan iklan ini. Proses coloring dan shading juga ada beberapa dari indonesia.

Dalam penggambatan karakter Reza dan Ayu dalam video iklan ini sendiri, Matsuo-kantoku mengaku bahwa timnya mengambil referensi dan postur tubuh dari sejumlah pelajar asal Indonesia yang mereka temui dan wawancarai. Matsuo-kantoku mengakui bahwa ini adalah pertamakalinya ia turut serta dalam pembuatan animasi di Indonesia, karenanya ia mengaku sempat mengalami culture shock. Selain itu, ketika ditanya apakah dirinya tertarik untuk kembali menangani proyek animasi dengan latar belakang Indonesia, meski masih belum ada rencana untuk itu, dirinya siap bila ada perusahaan Indonesia yang mau bekerja sama.

Nada Syakira Aisya sang Bintang SMA

Ajang audisi #BintangSMA sendiri telah dimenangkan oleh 2 peserta, yaitu Nada Syakira Aisya dari SMA Al Azhar Banjarmasin sebagai pemenang utama, dan Anugrah Bintang Perkasa dari SMA Darma Bangsa Lampung yang meraih pernghargaan People’s Choice Award. Nada sang #BintangSMA yang berhasil menjadi juara utama di antara kesepuluh finalis ini nantinya akan didapuk oleh Pocari Sweat untuk tampil dalam iklan terbaru, yang rencananya akan disyuting di Jepang, dan kembali disutradarai oleh Yoshitoshi Shinomiya.

Penasaran seperti apa aksi para finalis audisi Bintang SMA? Intip dalam video-video berikut ini:

Simak juga wawancara KAORI Nusantara dengan Yoshitoshi Shinomiya berikut ini:

Wawancara Dengan Sutradara TVC POCARI SWEAT – Bintang SMA, Yoshitoshi Shinomiya

KAORI Newsline | Foto oleh Widya Indrawan dan Dody Kusumanto

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.