Pengantar

Klub Baca Manga KAORI telah dilaksanakan kembali di bulan kedua tahun 2022. Kegiatan ini diadakan sebagai suatu kesempatan bagi peserta untuk menambah ragam bacaan manga, dengan mencoba membaca seri-seri di luar majalah atau kelompok demografi yang biasanya dibaca.

Kegiatan ini dilakukan dengan format sederhana, yaitu setiap bulan dipilih satu majalah manga sebagai sumber bacaan, dan peserta cukup membaca setidaknya satu judul manga yang pernah dimuat di majalah tersebut (disarankan memilih manga yang tidak sedang dibaca atau belum pernah dibaca sebelumnya). Pilihan majalahnya setiap bulan akan diselang-seling antara majalah shoujo/josei dan majalah shonen/seinen. Kemudian di hari Minggu terakhir setiap bulan akan diadakan obrolan di Discord KAORI Nusantara untuk membahas komik-komik yang telah dibaca di bulan tersebut. Kegiatan ini tidak hanya terbuka bagi staf KAORI, tapi juga bagi #Kaoreaders yang berminat.

Edisi Februari 2022: Betsucomi

betsucomi

Majalah yang menjadi sumber bacaan untuk sesi Klub Baca Manga di bulan Februari 2022 adalah majalah shoujo, Betsucomi atau Bessatsu Shojo Comic yang diterbitkan oleh Shogakukan. Majalah ini awalnya diluncurkan di tahun 1970 sebagai edisi ekstra Shoujo Comic, kemudian pada perkembangannya diorientasikan kepada demografi pembaca usia SMA, lebih tinggi dari Shojo Comic. Beberapa judul klasik yang pernah dimuat di majalah ini adalah The Poe Clan, They Were Eleven, dan Banana Fish.

Dalam diskusi yang dilaksanakan pada 6 Maret pukul 16.00 di Discord, ada dua komik Betsucomi yang dibahas, yaitu Bokura ga Ita (Yuki Obata, 2002-2012) dan Purikyuu (Kyousuke Motomi, 2005). Berikut adalah ringkasan isi komik-komik tersebut beserta beberapa komentar menarik dari peserta diskusi.

Bokura ga Ita

Klub Baca Manga KAORI Edisi Februari 2022
©Yuki Obata/Shogakukan

Nanami Takahashi merupakan gadis kelas 1 SMA yang baru pindah ke sekolah baru. Ketika mencoba berkenalan dengan teman-teman barunya, Nanami malah diganggu oleh Motoharu Yano, seorang teman sekelasnya yang nakal dan suka iseng. Namun seiring berjalannya waktu, rasa kesal Nanami berubah menjadi cinta. Hanya saja, Yano masih belum bisa move-on dari pacar lamanya yang meninggal karena kecelakaan.

Cerita komik ini cukup dalam karena mengangkat tema-tema seperti depresi, trauma, single mother family, persahabatan, victim mentality, dan masih banyak lagi. komik ini juga mampu untuk mengajak pembaca menelusuri isi kepala karakternya, sehingga meskipun sebagian karakternya bisa dibilang membuat kesal, pembaca bisa paham dengan point-of-view mereka, bisa bersimpati dengan para karakternya walaupun tidak setuju dengan sikap mereka.

Purikyuu

betsucomi
©Kyousuke Motomi/Shogakukan

Anna katsuragi adalah seorang Balerina yang ingin mencari kegiatan baru di SMA. Dia diajak oleh temannya untuk bergabung dengan klub memanah. Ketika “dijebak” untuk datang ke ruang klub, Anna baru menyadari ternyata ketua klub memanah SMA-nya adalah teman masa kecil sekaligus rivalnya, Jinnai.

Seri pendek dengan hanya lima bab, ceritanya mengikuti standar “dari lawan terus jatuh cinta”. Anna sendiri digambarkan sebagai karakter yang cengeng tapi bekerja keras. Ketika awal masuk klub memanah, Jinnai sendiri menunjukkan konflik batin dengan bersikap keras pada Anna, seperti “kalau ragu, meding keluar,” padahal jelas dia tidak mau Anna keluar.

Topik Bulan Maret 2022: Manga Action

Untuk bulan Maret 2022, majalah yang menjadi sumber bacaan Klub Baca Manga KAORI adalah majalah seinen Manga Action terbitan Futabasha. Terbit pertama kali pada 1967 dengan nama Weekly Manga Action, sejak 2003 terbit dua minggu sekali dan kata Weekly dihilangkan dari namanya. Komik majalah ini yang paling dikenal di Indonesia adalah Crayon Shinchan, namun selain komik gag seperti Shinchan, kontennya juga memiliki variasi seperti drama sejarah (In This Corner of The World) hingga jidaigeki (Lone Wolf and Cub). Obrolan mengenai komik-komik dalam majalah ini akan dilakukan pada tanggal 27 Maret 2022 mendatang.

Tertarik mengikuti diskusinya? Yuk ikuti diskusinya pada tanggal 27 Maret pukul 16.00 besok di Discord KAORI Nusantara. Discord-nya sendiri dapat dikunjungi melalui tautan berikut: https://discord.gg/9WGNKht

KAORI Newsline

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.